Sepeda ini Dirancang untuk Membersihkan Udara dari Polusi

Polusi di kota-kota telah menjadi salah satu masalah lingkungan yang serius, dan Beijing adalah salah satu kota dengan kualitas terburuk di dunia. Untuk mengurangi dampak emisi gas berbahaya, berbagai inisiatif untuk mengatasinya telah dilakukan, namun tetap diperlukan lebih banyak langkah untuk memperbaiki kondisi udara tersebut.

Roosegaarde Study yang pada tahun 2015 lalu, telah meluncurkan proyek yang disebut Smog Free Tower, yakni pembangunan pembersih udara raksasa di Rotterdam, memiliki ide untuk mengurangi polusi udara di ibukota Cina tersebut. Adapun ide yang mereka miliki, ialah untuk membuat sebuah sepeda yang bisa memurnikan udara di sekitarnya, saat pengguna mengayuh pedal sepeda tersebut.
Ini masih dalam tahap pengembangan, namun sama seperti halnya dengan Smog Free Tower, sepeda ini nantinya memiliki kemampuan untuk menghisap udara tercemar, kemudian melepaskan udara bersih ke lingkungani sekitarnya". Kata Daan Roosergaarde sang pencipta perusahaan.
Menurut sang penemu, sistem yang terintegrasi pada sepeda untuk menyaring udara, mengadopsi sistem yang digunakan pada Smog Free Tower. Namun, tentu saja sistem yang digunakan memiliki ukuran yang lebih kecil, dari pada yang digunakan pada tower tersebut.


Smog Free Tower memiliki sistem pembersih raksasa setinggi 7 meter, dengan lebar 3.5 meter yang terdiri dari struktur energi angin, yang menyaring dan membersihkan udara. Menurut Eindhoven University of Technology (Belanda), menara ini dapat menghilangkan hingga 70% PM10 dan hingga 50% PM2.5, dua partikel tersuspensi yang bertanggung jawab atas polusi udara di perkotaan.

Roosergaarde pun mengandalkan teknologi ini, yang nantinya akan dipasangkan di sepeda rancangannya. Mengapa ia memilih sepeda, karena sepeda kini mulai meningkat kepopulerannya, di berbagai negara-negara Asia.

Nantinya sistem sepeda ini akan melepaskan ion bermuatan positif ke udara, dan dalam waktu yang bersamaan menjebak dan menyerap polutan di udara. Konsep sepeda anti polusi ini, pertama kali dicetuskan oleh Roosegaarde pada tahun 2017 silam, hingga saat ini belum ada informasi lanjutan, mengenai sudah sampai tahap mana pengerjaan sepeda tersebut.

Namun yang jelas, pengerjaan sepeda yang nantinya kemungkinan akan diberi nama Smog Free Bicycle atau Smog Free Bike, melibatkan kolaborasi dari dua negara yakni Cina dan Belanda. Bila nantinya teknologi ini berhasil dibangun, ada kemungkinan akan banyak perusahaan sepeda, yang bekerja sama untuk menggunakan teknologi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel