Uniknya 'Olli' Self-Driving Bus 3D-Printed Pertama di Dunia

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat ini Mobil Otonom sudah mulai dikembangkan, serta teknologi 3D Printing yang mulai digunakan di dunia Otomotif. Nah, berbicara tentang Mobil Otonom dan teknologi 3D Printing, maka 'Olli' bisa kita jadikan bahan perbincangan kali ini.

Olli sendiri ialah nama sebuah Bus Otonom 3D-Printed pertama di dunia, yang dikembangkan oleh perusahaan Local Motors asal Amerika. Bus Otonom ini diperkenalkan di National Harbor, Maryland, Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu. Olli digadang-gadang dapat menjadi solusi inovatif, untuk mengurangi kemacetan di kota-kota besar.

Olli merupakan sebuah kendaraan sejenis bus listrik mini, yang mampu menampung hingga 12 orang. Pada dasarnya ia merupakan Self-Driving Bus 3D-Printed, yang menggunakan Artificial Intelligence bernama 'Watson' yang merupakan komputer tercerdas di dunia, untuk membawa orang-orang ke tujuan mereka dengan selamat.

'Olli' Self-Driving Bus 3D-Printed Pertama di Dunia

Watson sendiri, merupakan sebuah sistem Artificial Intelligence, yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi multionasional asal Amerika yakni IBM. Pada Olli, tugas Watson selain mengantarkan penumpang sampai tujuan, juga untuk berinteraksi dengan penumpang, seperti halnya memberitahu tempat pemberhentiaan selanjutnya, memberitahu keadaan cuaca, serta memberi saran tempat-tempat wisata di dekat tempat pemberhentian.

Di samping itu semua, para penumpang juga bisa menanyakan kepada Watson tentang cara kerja Olli, atau rute mana saja yang dilewati oleh bus pintar tersebut. Olli juga memiliki lebih dari 30 sensor, dan bekerja dengan data yang bersumber dari IBM Cloud, yang memungkinkannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan para penumpang.

Saat sampai ditujuan, para penumpang akan diberitahu oleh bus pintar ini, sehingga mereka tidak perlu khawatir tempat tujuannya terlewat. Perusahaan Local Motors juga menunjukan, bahwa nantinya kendaraan ini siap memberikan pelayanan terbaik, baik untuk pemerintah ataupun pihak swasta yang bersedia membelinya.
Sangat Mungkin kami akan mengembangkan beberapa unit Olli pada akhir ini." Ungkap pihak perusahaan Local Motors pada tahun 2016 lalu.
Tentu saja 'Olli' bisa menjadi solusi kemacetan yang sangat menarik, yang dengan jelas menunjukan era baru di dunia transportasi. Dengan hadirnya Self-Driving Bus 3D-Printed alias 'Olli' ini, sedikit demi sedikit kita akan melihat bagaimana Artificial Intelligence, mulai menggantikan peran manusia yang ditandai dari angkutan umum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel