7 Game RTS Komputer (PC) Terbaik untuk Kamu Mainkan



Ketika kita membicarakan tentang game real-time strategy (RTS) untuk komputer (PC) terbaik, ada beberapa elemen dalam game yang biasanya menjadi sorotan utama kita. Terutama pada segi cerita, detail grafis (tampilan), tingkat kesulitan, spesifikasi yang dibutuhkan, dan hal-hal lainnya.

Game RTS sendiri merupakan sebuah permainan, dimana kamu seakan berposisi sebagai pemimpin. Dalam bermain sebuah game RTS, kamu sebagai pemain dituntut untuk dapat memutar otak, guna memikirkan kebijakan dan langkah yang akan kamu ambil ke depan. Artinya, pada setiap langkah yang kamu ambil, kamu harus siap menghadapi segala konsekuensinya. Karena, bila kamu salah dalam mengambil langkah, koloni yang sudah kamu bangun berpotensi hancur lebur.

Kini, masa kejayaan game RTS memang bisa dibilang sudah lewat. Namun, buat kamu yang masih suka main game jenis ini, atau buat kamu yang ingin mencoba memainkan game RTS, di sini kami memiliki beberapa rekomendasi game real-time strategy (RTS) yang layak kamu coba mainkan. Dan berikut, beberapa Game RTS PC terbaik hingga saat ini:

Age of Empires III

Game RTS PC - Age of Empires III

Sejak awal kemunculannya, Age of Empires Series merupakan game RTS, yang paling banyak menawarkan pilihan faksi atau koloni. Dan dalam Age of Empires III, ada sekitar 14 kerajaan/negara berbeda yang dapat kamu pilih untuk dimainkan. Tidak seperti game RTS lainnya, Age of Empires III menyuguhkan pilihan negara yang berada dari dunia nyata, dengan unit militer yang sesuai dengan sejarah seperti Samurai.

Kamu memulai game dengan latar peradaban pada masa kegelapan, yang terus berkembang dengan adanya penelitian dan peningkatan di bidang teknologi, serta dengan membuka rute perdagangan. Dari sana, kamu diharuskan untuk membangun pasukan yang besar, dalam upaya menaklukan sebagian wilayah Eropa dan wilayah Asia. Ini menjadikan game Age of Empires III sebagai salah satu game RTS PC terbaik untuk dimainkan.

Stronghold

Game RTS PC - Stronghold

Stronghold Series mungkin menjadi salah satu game RTS PC terbaik, yang dapat kamu mainkan. Game yang pernah memperoleh penghargaan ini, memiliki latar pada abad pertengahan, dengan gameplay yang berfokus pada keseimbangan ekonomi dan militer. Selain berfokus pada ekonomi dan militer, kamu juga harus memperhatikan tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan penduduk kerajaanmu. Menjadikannya, sebagai game RTS terbaik yang cukup santai dalam gameplay-nya, karena tidak melulu berfokus pada perang tetapi juga pada kesejahteraan rakyat.

Star Wars: Empire at War

Game RTS PC - Star Wras: Empire at War

Buat kamu yang suka main game real-time strategy (RTS), namun dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi dan pengaturan yang mudah, maka Star Wars: Empire at War bisa menjadi pilihan utama. Dalam game ini terdapat beberapa mode permainan, seperti halnya mode Campaign dan mode Skrimish.

Dalam mode Campaign, kamu dapat memilih untuk menjadi pihak pemberontak, atau memilih untuk menjadi pihak The Empire. Pada saat bermain, kamu akan masuk pada sebuah skenario baik untuk melindungi Kaisar Palpatine dan menghancurkan Death Star, atau justru menjadi pihak yang bersebrangan dengan itu.

Dalam mode Skrimish, mode ini lebih menyerupai elemen klasik game RTS, dimana kamu hanya memiliki opsi bertahan kemudian menyerang, atau melakukan pertempuran secara langsung untuk menang (tak ada misi apapun). Adapun latar tempatnya berada di luar angkasa. Dan hal ini menjadikannya, sebagai salah satu game RTS PC yang wajib untuk kamu mainkan.

Command & Conquer Series

Game RTS PC - Command & Conquer

Game Command & Conquer dapat dikatakan sebagai cikal bakal, perkembangan game RTS untuk komputer (PC). Jadi, buat kamu yang ingin mencoba sensasi bermain game RTS PC, maka Command & Conquer Series bisa jadi pilihan terbaik buatmu.

Game ini, memiliki mode permainan singleplayer dan juga multiplayer, dalam mode permainan Skrimish. Di sini (terutama dalam mode multiplayer), kamu harus berlomba untuk mengumpulkan sumber daya, serta membangun infrastruktur agar kolonimu terus berkembang, serta melatih bala tentara untuk menjaga koloni atau menyerang koloni lawan.

StarCraft II

Game RTS PC - StarCraft IISalah satu game RTS PC yang paling populer, ialah game StarCraft II yang merupakan sekuel, dari game StarCraft yang dirilir tahun 1998 silam. Dalam game ini, terdapat tiga faksi atau koloni yang dapat kamu pilih untuk dimainkan. Namun tidak seperti Command & Conquer, dalam game StarCraft II ini kamu harus mengandalkan tingkat strategi yang tinggi, untuk dapat sekedar mengimbangi lawanmu atau bahkan mengelahkan mereka.

Game ini membutuhkan konsentrasi tinggi, sebab strategi yang kamu bangun, harus memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Sebab gameplay-nya di setting lebih cepat, dibandingkan dengan game RTS lainnya. Jadi buat kamu yang lagi mencari game RTS PC, dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, maka StarCraft II dapat menjadi pilihan yang tepat.

Supreme Commander

Game RTS PC - Supreme Commander

Supreme Commander merupakann salah satu game RTS PC terbaik, yang memiliki aspek gameplay yang mendalam. Bagi sebagian orang game ini dianggap terlalu sulit atau berat. Seperti halnya StarCraftgamplay permainan ini terbilang cukup cepat, sehingga kamu dituntut untuk dapat mempertimbangkan langkah secepat mungkin. Seperti halnya melakukan peningkatan di bidang teknologi, menjelajahi peta, serta membangun pasukan.

Meski grafisnya tidak sebagus game-game RTS lain yang telah kita bahas di atas, namun gameplay-nya menawarkan pertempuran berskala besar yang mengasyikkan, serta pengamatan situasi yang mendalam. Tidak mengherankan, bila game satu ini telah banyak menerima pujian, dari banyak pemain dan pengulas di seluruh dunia.

Total War: Warhammer

Game RTS PC - Total War: Warhammer

Total War: Warhammer merupakan salah satu game RTS PC terbaik. Dalam game ini, terdapat beberapa faksi yang cenderung mengambil ras moster, seperti halnya Dwarves, Vampire, dan Orc. Strategi yang diperlukan dalam game Total War: Warhammer, bukan berfokus pada pembangunan dan pengumpulan sumber daya, tetapi lebih fokus kepada strategi pertahanan dan strategi penyerangan.