Aplikasi Opera untuk Android kini Hadir dengan Fitur Free Unlimited VPN



Setelah menjalani lebih dari sebulan uji coba, salah satu perangkat lunak penjelajah web yang cukup terkenal yakni Opera untuk Android, kini telah resmi memiliki fungsi VPN bawaan. Fitur ini telah ada di Opera Beta sejak Februari, dan kini sudah mulai dicoba pada versi finalnya yakni Opera 51. VPN (Virtual Private Network) memiliki fungsi, untuk menyamarkan IP perangkatmu menggunakan alamat dari server, membuat koneksi yang kamu lakukan terlihat dilakukan di tempat lain.

Opera 51 untuk Android Hadir dengan VPN

Pihak Opera Software menerangkan, bahwa ketika koneski dienkripsi (menggunakan algoritma 256-bit), VPN (Virtual Private Network) ternyata dapat berguna untuk melindungi keseluruhan datamu, pada jaringan Wi-Fi seperti halnya di bandara, kafe atau coffee shop, ataupun di hotel.

Selain itu, perusahaan ini juga menjelaskan bahwa VPN bawaan yang terdapat pada perangkat penjelajah web (browser) ini sepenuhnya gratis. Yang artinya, kamu tidak perlu melakukan registrasi apapun untuk menikmati layanannya, serta tidak perlu memasukan data apapun ke dalam server layanan VPN bawaan ini.

Nah berkaitan dengan mode VPN bawaan browser Opera ini, untuk proses pengaktifannya ternyata cukup cepat, dan tidak melalui proses yang rumit. Adapun cara mengaktifkan fitur VPN di browser Opera 51, ialah cukup dengan membuka panel pengaturan browser, kemudian kl!k ikon VPN lalu geser untuk aktifkan atau mematikannya.

Cara Setting VPN di Opera 51 untuk Android

Namun, kabarnya aplikasi Opera 51 akan dirilis secara bertahap di Google Play Store. Buat kamu yang sudah memiliki aplikasi Opera versi sebelumnya di Smartphone-mu, kamu hanya perlu menunggu pembaruan terbaru dari browser ini, dan tinggal melakukan update bila sudah ada.

Berdasarkan keterangan perusahaan Opera Software, versi terbaru browser ini juga akan memiliki sejumlah peningkatan, dibanding dengan versi sebelumnya. Adapun peningkatan tersebut meliputi startup yang lebih cepat, pengguliran layar yang lebih cepat (memungkinkanmu pergi ke awal dan akhir halaman hanya dengan satu sentuhan), juga sudah didukung API untuk konversi dari ucapan ke teks, dan banyak lagi.