10 Langkah Mudah Bersihkan PC yang Terinfeksi Virus

Pastinya kamu pernah berhadapan dengan situasi, dimana komputer (PC)/laptop milikmu terasa begitu lambat. Bahkan bukan hanya PC-nya saja, tapi aplikasi-aplikasi yang diinstal di PC tersebut, responnya ikut melambat atau bahkan tidak merespon sama sekali. Hal tersebut kemungkinan besar, terjadi akibat PC-mu terinfeksi virus.

Selain itu, tanda lain yang dapat mengindikasikan PC-mu terinfeski virus, terlihat dari CPU Usage yang tinggi (kamu bisa mengeceknya lewat Task Manager).

Memang hal ini tidak sepenuhnya tepat, karena CPU Usage yang tinggi saat kamu mengkonversi video merupakan hal biasa, namun bila CPU Usage tinggi dalam penggunaan yang biasa, ini yang dapat menjadi salah satu tanda. Penyebaran virus ke komputer (PC)/laptop kini semakin mudah terjadi. Alasannya cukup sederhana, yakni karena saat ini hampir semua komputer (PC)/laptop, memiliki akses ke dunia maya (internet).

Nah, bila komputermu sering mengalami Hang, aplikasi yang tidak merespon, atau browser sering menampilkan iklan yang mengganggu, maka ada kemungkinan bahwa komputermu terinfeksi Malware. Namun kamu tidak perlu risau, karena mengatasi komputer (PC)/laptop yang terinfeksi virus bukanlah perkara yang sulit dilakukan.

Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan, untuk mengatasi masalah komputer terinfeksi virus. Dan pada artikel kali ini, kami akan mengulas tuntas mengenai perihal tersebut. Tanpa membuang waktu lagi, berikut ini 10 tips mudah membersihkan perangkat komputer (PC)/laptop, yang terinfeksi oleh virus.

Komputer (PC) Terinfeksi Virus

- Periksa Gejala yang Timbul

Sebelum kamu mencoba langkah-langkah selanjutnya, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu, apakah komputermu memang terinfeksi virus atau tidak. Sebab, BSOD error, sering Hang, aplikasi sering gagal merespon, dan masalah lainnya, juga dapat terjadi akibat masalah pada perangkat keras.

Bila banyak pesan Pop-Up yang masuk ke komputermu, atau browser-mu sering membuka situs tertentu yang tidak sesuai dengan pencarianmu, atau terdapat ikon aplikasi baru di desktop yang tidak kamu kenali, maka dapat dipastikan komputermu terinfeksi virus (Malware).

- Masuk ke Safe Mode

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - Safe Mode

Safe Mode menonaktifkan semua aplikasi. Namun, apabila masalah terjadi pada Safe Mode juga, bisa jadi masalahnya ada pada Software maupun Hardware perangkatmu. Bila tidak terjadi masalah pada Safe Mode, maka kamu perlu memeriksa seluruh aplikasi terinstal yang berpotensi terinfeksi Malware.

- Backup Seluruh Data yang Kamu Anggap Penting

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - Backup Data

Bila ternyata komputermu benar-benar terinfeksi virus, ada kemungkinan besar kamu harus memformat setiap partisi hardisk-mu. Untuk itu, pastikan kamu mencadangkan (backup) semua file yang kamu anggap penting, baik ke flashdisk ataupun hardisk eksternal. Namun, ada baiknya kamu tidak membackup file program (aplikasi), sebab sebagian besar virus berasal dari file program. Setelah melakukan pencadangan (backup), kamu tinggal mengikuti langkah berikutnya.

- Lakukan Scanning Virus Secara Menyeluruh

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - Malwarebytes

Setelah kamu membackup data-data yang kamu anggap penting, kamu harus melakukan scanning virus secara menyeluruh pada perangkat komputermu. Kamu dapat menggunakan Malwarebytes, untuk melakukan scanning menyeluruh pada perangkatmu, karena antivirus ini cukup teruji keamanannya.

Malwarebytes tidak pernah gagal, membasmi Malware serta Adware yang menginfeksi sebuah komputer/laptop. Namun, sebelum menggunakan antivirus Malwarebytes, pastikan kamu menonaktifkan Windows Defender terlebih dahulu.

- Karantina atau Hapus Virus yang Terdeteksi

Secara default, antivirus Malwarebytes akan mengkarantina setiap file yang terinfeksi virus. Fitur karantina, menyebabkan file tidak dapat diakses dengan program manapun, namun file tetap dapat dikembalikan ke komputermu. Namun, kamu juga bisa langsung menghapus file terinfeksi, apabila file tersebut sudah tidak kamu butuhkan.

- Hapus Adware

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - AdwCleaner

Setelah menggunakan Malwarebytes, kamu juga sebaiknya menginstal antivirus lain yakni AdwCleaner. Hal tersebut dikarenakan, antivirus Malwarebytes hanya dapat menghapus virus dan Malware saja, jadi untuk menghapus Pop UP (PUP) dan Adware kita perlu menggunakan AdwCleaner.

- Restart Komputermu

Setelah selesai membersihkan komputer (PC)/laptop dari virus, kamu hanya perlu merestart perangkatmu. Setelah direstart, coba periksa kembali apakah virus dan Malware masih tetap ada, atau sudah bersih seluruhnya. Memang, pada umumny Malwarebytes dan AdwCleaner dapat membersihkan Malware dan Adware secara keseluruhan, namun untuk memastikannya gunakan komputer (PC)/laptopmu untuk beberapa saat.

- Setel Ulang Semua Kata Sandi

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - Reset Password

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa Malware yang dapat menyalin Password (kata sandi) milikmu, dan mengirimkannya pada sang pembuat?. Jadi, untuk lebih amannya, disarankan agar kamu menyetel ulang semua kata sandi yang kamu miliki, baik untuk akun Media Sosial, Situs Web, Youtube, Gmail, dan lain sebagainya.

- Perbaharui Sistem Operasi Komputer/Laptop

Komputer (PC) Terinfeksi Virus - Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Penting untuk kamu ketahui, bahwa Malware dan virus berbahaya masuk ke perangkatmu lewat Exploit, yang memanfaatkan perangkat lunak yang sudah usang. Jadi salah satu cara mencegah penyebaran virus pada komputermu, ialah dengan memperbaharui sistem operasinya.

- Perbaharui Semua Aplikasi dalam Komputer/Laptop

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Malware dan virus memanfaatkan aplikasi yang sudah usang, untuk menjangkiti perangkat komputer (PC)/laptop. Jadi, selain sistem operasi yang harus diperbaharui, kamu juga mesti memperbaharui aplikasi-aplikasi dalam komputer (PC)/laptopmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel