5 Metode Sederhana Kosongkan RAM Smartphone Android

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa para pengguna Smartphone Android, sering kali dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan RAM. Sebab, seberapa besar pun kapasitas RAM yang dimiliki Smartphone-nya, mereka cenderung merasa itu masih kurang dan ingin yang lebih besar lagi.

Namun sebenarnya, selain masalah yang disebutkan di atas, kita juga sudah sering kali berhadapan dengan masalah Smartphone Android lainnya, yang masih berkaitan dengan RAM. Hanya saja kita tidak menyadari hal itu, sehingga cenderung mengabaikan masalah-masalah tersebut.

Kita ambil contoh, seperti halnya aplikasi Gmail yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat Email, aplikasi yang mendadak berhenti merespon, aplikasi yang keluar dengan sendirinya, game nge-lag, dan lain sebagainya. Semua masalah yang berkaitan dengan RAM tersebut, kini sering dianggap sebagai keadaan yang normal, untuk sebuah Smartphone Android.

Memang benar, masalah-masalah tersebut tidak terlalu mengganggu, jadi sering kali diabaikan. Namun, seiring berjalannya waktu bila masalah-masalah kecil tersebut sering terulang, bisa jadi membuat kita berpikir untuk mengganti Smartphone kita. Padahal, dari pada menghambur-hamburkan uang untuk membeli Smartphone baru, untuk masalah-masalah seperti itu kamua hanya perlu mengosongkan RAM perangkatmu.

Jadi, sebelum kamu memutuskan membeli Smartphone baru, alangkah lebih baiknya kamu membaca terlebih dahulu ulasan kami kali ini. Sebab, pada artikel kali ini akan kami ulas tuntas, mengenai 5 cara sederhana mengosongkan RAM Smartphone Android-mu. Sehingga kamu bisa terhindar dari masalah-masalah yang berkaitan dengan RAM. Berikut ini ulasannya:

- Bersihkan RAM dari Aplikasi yang Terakhir Dibuka

Kosongkan RAM - Bersihkan Aplikasi yang Baru Dibuka

Perlu kamu ketahui bahwa RAM adalah jenis memori jangka pendek (Short-Term Memory) untuk semua perangkat, yang menyimpan data tentang semua aplikasi yang baru-baru ini kamu gunakan. Jadi, membersihkan RAM dari aplikasi yang terakhir dibuka, dapat berguna untuk mempercepat kinerja Smartphone Android-mu.

Adapun untuk membersihkan atau menutup semua aplikasi yang terakhir dibuka, ialah dengan menekan tombol recent apps, biasanya terdapat di sisi kanan bawah layar Smartphone Android. Setelah muncul pilihan aplikasi-aplikasi yang terakhir dibuka, tekan tombol 'Close All (Tutup Semua)' atau tanda silang. Dan proses pembersihan pun akan berjalan dengan sendirinya.

- Tutup Aplikasi yang Berjalan Sendiri

Kosongkan RAM - Tutup Aplikasi yang Berjalan Sendiri

Cara lain untuk mengosongkan RAM, ialah dengan menutup atau menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan sendiri. Cara ini sudah pasti sangat aman, sehingga kamu bisa menggunakan cara satu ini, bila ingin mengosongkan RAM Smartphone Android-mu.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Terinstal. Kemudian, kl!k aplikasi yang sudah terinstal untuk melihat detailnya. Bila kamu melihat tombol 'Force Stop (Paksa Berhenti)' bisa dikl!k, itu artinya aplikasi tersebut sedang berjalan dengan sendirinya. Jadi, yang perlu kamu lakukan ialah menekan tombol Force Stop.

- Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Widget ataupun Live Wallpaper

Kosongkan RAM - Hapus Widget dan Live Wallpaper

Memang benar, widget dan juga live wallpaper dapat memperindah, tampilan layar Smartphone Android-mu. Namun, setiap widget dan live wallpapet yang kamu pakai, menggunakan RAM untuk dapat berjalan bahkan ketika ponsel tak digunakan. Bukan hanya RAM, namun penggunaaan widget dan live wallpaper berlebihan, dapat menurunkan kualitas baterai.

- Nonaktifkan Animasi dan Transisi

Kosongkan RAM - Nonaktifkan Animasi dan Transisi

Sistem Operasi Android menggunakan animasi dan transisi. Namun, efek animasi dan transisi ini dapat membuat RAM dan CPU terganggu. Tidak hanya memenuhi RAM, tetapi efek animasi dan transisi ini, juga membebani baterai Smartphone-mu. Jadi, coba buka pengaturan > Opsi Pengembang, kemudian cari 'Windows Animation Scale', 'Transition Animation Scale', dan 'Animator Duration Scale'.

Buka salah satu opsi tersebut kemudian pilih opsi 'Animation Off'. Akan tetapi, dengan menonaktifkan animasi dan transisi akan menonaktifkan animasi sepenuhnya, sehingga dapat menyebabkan perilaku aneh atau tak biasa dari perangkatmu.

- Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Kosongkan RAM - Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Jika kamu ingin mencoba keempat metode di atas, maka kamu tidak memerlukan aplikasi pembersih RAM. Sebab, aplikasi ini memiliki cara kerja yang tidak berbeda, yakni menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan sendiri. Tapi, jika kamu ingin mencoba memasang aplikasi untuk membersihkan RAM, maka kamu bisa mencoba aplikasi seperti Clean Master, CCleaner, DU Speed ​​Booster, dan lain sebagainya.

Tidak hanya membersihak atau mengosongkan RAM, aplikasi-aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola aplikasi yang bisa berjalan sendiri, membersihan Cache, membersihkan file-file sampah, memberantas virus, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel