6 Tips yang Perlu Diperhatikan Bagi YouTuber Pemula

Alasan yang mendasari seseorang mulai membangun sebuah Channel YouTube, bisa berasal dari mana saja dan apa saja. Mulai dari keinginan menyalurakn hobinya, kreativitasnya, ataupun terinspirasi dari kesuksesan seorang YouTuber.

Nah, buat kamu yang ingin mulai membangun sebuah Channel YouTube, maka ada baiknya kamu membaca ulasan ini terlebih dahulu. Sebab, pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai beberapa tips, yang perlu kamu perhatikan untuk membangun sebuah Channel YouTube. Terutama sekali bagi para pemula. Dan berikut ini tips-tips bagi para YouTuber pemula:

Tips untuk Para YouTuber Pemula

- Pelajari Teknik Dasar Editing Video

'Saya Baru Mulai' bukan sebuah alasan bagimu untuk mempublikasikan sebuah video yang jelek. Sebab, standar kualitas video bagi para penikmat siaran YouTube, kini juga semakin meningkat. Jadi, sebelum kamu mempublikasikan sebuah video, alangkah baiknya kamu melakukan editing terlebih dahulu, meski dengan teknik editan yang paling standar.

- Jadwalkan Upload secara Konsisten

Buatlah jadwal upload dan publikasi video, sejak awal atau bahkan sebelum kamu membuat Channel. Misalkan, dijadwalkan upload dan publikasi video setiap Rabu Malam, setiap akhir pekan, atau dua kali dalam seminggu dengan jadwal yang tetap. Biasanya, para viewer menginginkan jadwal publikasi konten yang teratur. Dengan begitu dapat membuat Subscriber betah di Channel-mu.

Terlebih, sekarang ini YouTube memiliki kebijakan baru agar kamu dapat menghasilkan uang darinya, yakni 4000 jam waktu ditonton dan 10 ribu Subscriber. Jadi, kalo kamu tidak serius atau tidak konsisten membuat konten, Kemungkinan kamu akan kesulitan menghasilkan uang dari Channel yang kamu bangun.

- Jangan Suka Membanding-Bandingkan

Jangan suka membandingkan videomu, dengan hasil karya orang lain yang lebih dahulu terjun sebagai YouTuber. Sebab, kamu baru memulai perjalananmu di dunia YouTube, sedangkan mereka sudah lebih berpengalaman dibanding kamu. Satu hal yang perlu kamu ingat, mereka juga sama seperti dirimu, memulai segalanya dari nol.

Alih-alih merasa iri atau bahkan merasa kecewa setelah melihat Channel orang lain, alangkah lebih baiknya kamu menjadikan mereka sebagai sumber inspirasi. Tentunya, dengan lebih banyak mengamati mempelajari berbagai hal dari kelebihan Channel lain, dapat membantumu untuk meningkatkan kemampuan dan menghasilkan konten yang lebih baik.

- Jangan Lupakan SEO

Cobalah untuk memperhatikan SEO, sebelum kamu mengunggah sebuah video ke Channel-mu. Di mulai dari judul, misalkan kamu mengunggah sebuah video dengan judul "My Vlog Episode 1 ...", memang terlihat tidak ada masalah, namun tidak keyword spesifik yang bisa dipakai pemirsa, untuk menemukan video-mu tersebut di mesin pencari. Jadi, judul video haruslah spesifik dan menjelaskan inti dari video yang kamu unggah.

Deskripsi video juga sebaiknya diisi dengan singkat, namun berisikan penjelasan yang jelas tentang isi video, sehingga pemirsa dapat langsung memahami apa isi video yang kamu unggah. Bukan hanya itu, kamu juga harus melakukan research keyword lalu memberikan tag, yang sesuai dengan hasil research juga relevan dengan isi video yang kamu unggah.

- Buat Thumbnails yang Menarik

Tidak seperti dalam dunia blogging, dimana page 1 dihasil pencarian Google, menjadi yang lebih banyak dikunjungi. Di YouTube bahkan seorang pemula sekalipun, dapat berada diposisi teratas pada hasil pencarian, dan memiliki jumlah viewer yang tinggi. Salah satunya ialah lewat Thumbnails yang menarik. Jadi, selain memiliki kualitas video yang baik, serta isi yang menarik, kamu juga perlu membuat Thumbnails yang bisa mengajak viewer mengkl!k video unggahanmu.

- Libatkan Viewers dan Berkolaborasi dengan YouTuber Lainnya

Jangan lupa bahwa YouTube adalah sebuah komunitas. Jadi, sebisa mungkin kamu harus bisa berinteraksi dengan para viewer-mu dalam komentar, serta melibatkan mereka dalam pembuatan konten-konten berkualitas. Bukan cuma dengan para viewer-mu saja, jika kamu memiliki kesempatan maka berkolaborasilah, dengan YouTuber lainnya terlebih yang sudah cukup dikenal.

Selain kolaborasi, kamu juga bisa mencoba terhubung dengan content creator lainnya, dengan cara mengomentari video hasil buatan mereka. Bukan hanya komentar berupa 'jangan lupa mampir di Channel aku ya', tapi kamu harus memberi komentar yang relevan dengan isi video milik mereka, dengan begitu kamu juga akan diperhatikan mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel