8 Tips Ampuh Bikin Baterai Smartphone Android Awet

Lebih dari 60% penduduk dunia menggunakan Smartphone Android. Dan, tidak sedikit dari mereka menghadapi masalah, terutama pada segi ketahanan baterai Smartphone-nya. Memang, sebagian besar Smartphone Android memiliki baterai yang cepat habis, sehingga dengan 6-7 jam penggunaan standar baterai Smartphone sudah habis.

Untuk menyiasati borosnya baterai Smartphone Android, biasanya para penggunanya memasang aplikasi penghemat baterai, namun hal tersebut kurang terasa manfaatnya. Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti, dalam rangka membuat baterai Smartphone Android-mu awet. 

Jadi, buat kamu yang lagi nyari tips biar baterai Smartphone Android-mu enggak gampang habis, kamu wajib deh baca artikel ini hingga selesai. Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami ulas tuntas, mengenai 8 cara terbaik tuk bikin baterai Smartphone Android-mu awet. Dengan begitu, masa pakai Smartphone Android-mu akan lebih lama, jadi kamu tidak perlu sering-sering mencharger-nya.


8 Tips Ampuh Bikin Baterai Smartphone Android Awet

- Hindari Penggunaan Hingga Panas

Bila berbicara tentang perangkat yang panas, itu adalah perkara yang berkaitan erat dengan baterai. Dan panas ini menjadi salah satu penyebab rusaknya baterai pada Smartphone Android-mu. Bahkan, tidak hanya dapat merusak baterai, namun tetap menggunakan perangakt dalam suhu tinggi, juga dapat menyebabkan kerusakan pada Smartphone Android-mu.

Jadi, pastikan kamu tidak menggunakan Smartphone Android-mu hingga panas. Bahkan lebih bagusnya lagi, kamu membuka (mencopot) casing belakang Android-mu, tatkala kamu sedang mengisi daya baterainya.

- Jangan Terlalu Sering Mencharge Smartphone-mu

Biasanya, orang-orang hanya mengisi saya baterai Smartphone Android-nya selama 15 menit saja, dengan tujuan agar perangkatnya memiliki persentase baterai yang cukup untuk digunakan selama 1 jam. Namun, hal tersebut justru akan membuat daya tahan bateraimu menurun. Jadi, lebih baik kamu mengisi bateraimu hingga penuh, sebelum menggunakannya kembali. Dengan begitu, dapat mencegah pengisian daya terlalu sering, serta membuat bateraimu tetap awet.

- Matikan Wi-Fi Otomatis

Dengan pembaruan sistem operasi Android Oreo, Smartphone Android dengan sistem operasi tersebut memiliki fitur, yang bernama 'Wi-Fi Otomatis'. Fitur ini tetap akan memindai jaringa Wi-Fi di sekitar, meskipun kamu telah menonaktifkan Wi-Fi di Smartphone-mu. Karena fitur ini terus berjalan, sehingga dapat menyebabkan baterai cepat habis. Untiuk menonaktifkannya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi. Setelah itu, matikan opsi 'Nyalakan Wi-Fi Secara Otomatis', yang berada di bawah preferensi Wi-Fi.

- Matikan Perangkat Keras yang Tidak Diperlukan

Terkadang, kita lupa mematikan perangkat keras seperti Bluetooth, setelah kita menyalakan dan menggunakannya. Padahal, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap performa Smartphone Android, juga pada daya tahan baterainya. Jadi, pastikan mematikan perangkat keras yang tersedia dalam Smartphone, tatkala kamu selesai menggunakannya.

- Jangan Mainkan Game Berat.

Memainkan game berat, sudah barang tentu dapat menguras daya baterai, sehingga membuatnya cepat habis. Jadi, alangkah lebih baiknya bila kamu menghindari memainkan, game-game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Atau, kamu boleh memainkan game berat, namun jangan sampai terlalu lama.

Memainkan game berat atau yang memiliki spesifikasi tinggi, dalam waktu yang terbilang cukup lama, dapat menyebabkan baterai Smartphone-mu cepat habis. Selain itu, dapat juga menyebabkan Smartphone-mu kepanasan.

- Update Aplikasi dalam Android-mu

Kebanyakan pengguna Android mengabaikan setiap pembaruan (Update) pada aplikasinya. Padahal, pembaruan aplikasi seringkali bermanfaat untuk menghilangkan bug, yang dapat berpengaruh pada konsumsi daya baterai yang tinggi. Jadi, jangan sampai kamu mengabaikan pembaruan, pada aplikasi-aplikasi yang terdapat di Smartphone-mu.

- Jangan Gunakan Mode Getar

Mode getar pada Smartphone diketahui berpengaruh pada daya tahan baterai. Jadi, untuk meningkatkan daya tahan baterai Smartphone, kamu perlu mematikan getar pada perangkatmu. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan > Suara, dan nonaktifkan mode getar saat disentuh atau opsi getar lainnya.

- Nonaktifkan Google Voice Detection

Smartphone kini sudah dilengkapi dengan fitur luar biasa yakni 'Google Assisstant'. Namun, Google Assisstant's Voice berjalan dengan sendirinya, dengan tujuan mendeteksi keyword yang diucapkan pada fitur 'OK Google'. Hal tersebut, berpengaruh besar pada daya tahan baterai, Jadi, kamu perlu menonaktifkan layanan tersebut, dengan cara buka Pengaturan > Suara > OK Google, lalu nonaktifkan fitur deteksi suara.

Dengan mengikuti ke-delapan tips yang telah kami jelaskan di atas, dapat dipastikan daya tahan baterai kamu akan meningkat, sekitar 40-50% dari biasanya. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot bolak-balik mencharge Smartphone Android-mu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel