Cara Deteksi dan Blokir Ekstensi Google Chrome yang Berbahaya

Jika kamu seorang pengguna mesin pencarian (Browser) Google Chrome, mungkin kamu pernah menginstal beberapa Ekstensi, untuk menggunakan beberapa fitur tambahan di browser-mu. Pada dasarnya, semua Ekstensi ini hanya sekedar aplikasi ringan, untuk menambahkan fitur dan fungsi tertentu pada Google Chrome.

Ekstensi Google Chrome yang Berbahaya

Namun, meski hanya sekedar aplikasi ringan untuk menambah fitur, Ekstensi Google Chrome bisa jadi berbahaya, bila kamu tidak tahu pasti apa yang kamu instal tersebut. Ekstensi-ekstensi berbahaya yang kamu pasang di Chrome, bisa saja mencuri data pribadimu dan tentu saja itu sangat merugikan.

Biasanya, kamu mencari Ekstensi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, kemudian langsung menginstalnya di Google Chrome, tanpa memperhatikan izin-izin dan akses yang diminta Ekstensi tersebut. Itu adalah hal pertama yang harus kamu rubah, untuk menghindari Ekstensi Chrome berbahaya, yang mungkin tidak sengaja kamu instal.

Selain itu, ada juga cara lain yang dapat kamu pakai, guna menghindari menginstal Ekstensi berbahaya. Dan untuk mengetahui cara tersebut, kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai. Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas tuntas, mengenai cara mendeteksi kemudian memblokir Ekstensi Google Chrome yang berbahaya. 

Berikut ini Cara Mendeteksi dan Memblokir Ekstensi Google Chrome yang Berpotensi Mencuri Data Pribadimu

Dengan cara yang kami bagikan di sini, sesaat setelah kamu menginstal suatu Ekstensi di Google Chrome, kamu dapat menyadari bahwa data pribadimu bocor. Dan cara tersebut juga menggunakan sebuah Ekstensi lainnya, namun Ekstensi ini resmi dan memang dikembangkan untuk memeriksa, apakah ada Ekstensi berbahaya yang telah kamu instal.

Berantas Ekstensi Berbahaya dengan Extension Police

Ekstensi tersebut tidak lain ialah Extension Police. Seperti namanya, Ekstensi Google Chrome ini memiliki tugas layaknya seorang polisi diantara semua Ekstensi, yang kamu instal di mesin pencarian Chrome. Ia akan menunjukan kepadamu, Ekstensi yang kurang baik atau bahkan berpotensi bahaya untuk keamanan data pribadimu, yang telah kamu Instal di Google Chrome.

Dan di Bawah ini Cara Menggunakan Extension Police
  1. Pertama-tama kamu harus menginstal Extension Police di Google Chrome
  2. Tekan ikon Extension Police, yang muncul di bagian kanan atas jendela browser. Setelah itu, akan muncul jendela yang memuat semua daftar Ekstensi, yang telah kamu instal di Google Chrome.Berantas Ekstensi Berbahaya dengan Extension Police
  3. Pada jendela tersebut, kamu dapat leluasa mengaktifkan dan menonaktifkan, ekstensi-ekstensi yang sudah kamu instal di Google Chrome. Kamu tinggal menggeser saklar yang berada tepat di sisi Ekstensi yang tersedia.
  4. Nah pada setiap Ekstensi yang terinstal, kamu akan melihat ada sebuah lingkaran, yang memiliki warna berbeda, antara satu Ekstensi dengan Ekstensi lainnya.
  5. Bila warnanya hijau, artinya Ekstensi tersebut aman da terpercaya.
  6. Namun, untuk klasifikasi warna yang menunjukan potensi bahaya dari sebuah Ekstensi, Extension Police memberikan kalsifikasi berupa: warna Orange yang berpotensi memiliki bahaya, warna Merah yang berarti berpotensi tinggi memiliki bahaya, dan terakhir berbentuk segitiga berwarna merah dengan tulisan 'Dangerous' yang dianggap paling berbahaya.
    Berantas Ekstensi Berbahaya dengan Extension Police
  7. Pada daftar Ekstensi yang telah kamu instal tersebut, tidak hanya dapat menonaktifkannya, tetapi kamu juga dapat melihat izin-izin dan akses, yang telah kamu berikan kepada Ekstensi tersebut. Sehingga kamu bisa tahu Ekstensi mana saja yang berpotensi bahaya untuk datamu.
  8. Dan seperti itulah cara penggunaan Ekstensi ini.
Dengan menggunakannya, kamu akan dengan mudah mendeteksi dan menemukan, Ekstensi mana saja yang telah kamu instal di Google Chrome, yang berpotensi berbahaya atau dapat mencuri data pribadimu. Sehingga, kamu dapat langsung menonaktifkannya, bahkan langsung menghapus Ekstensi tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel