Cara Konfigurasi Windows Defender tuk Proteksi Lebih Baik

Untuk para pengguna Windows, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Windows Defender, yang merupakan Antivirus dan Antimalware bawaan dari Windows. Namun, kebanyakan dari pengguna Windows justru lebih memilih menggunakan program Antivirus lain, karena proteksinya lebih dapat dirasakan daripada menggunakan Windows Defender.

Akan tetapi, untuk menggunakan program Antivirus selain Windows Defender, kamu perlu membayar untuk merasakan jasanya. Maka dari itu, buat kamu yang tidak ingin repot-repot membayar, sebenarnya Windows Defender juga sudah lebih dari cukup, untuk proteksi perangkat laptop/PC-mu.

Memang dengan pengaturan default-nya, Windows Defender tidak begitu kuat dalam memproteksi laptop/PC. Namun bila kamu mensettingnya sedemikian rupa, Windows Defender ternyata bisa lebih baik, dalam memproteksi laptop/PC-mu dari serangan Malware dan Virus.

Metode konfigurasinya cukup sederhana dan mudah, sehingga kamu dapat membuat Windows Defender bekerja lebih efisien, dengan beberapa langkah saja. Nah, buat kamu yang ingin tahu cara konfigurasi Windows Defender, guna meningkatkan performanya dalam melindungi laptop/PC-mu. Maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai. Berikut ini ulasanya:

- Aktifkan Real-Time Live Protection

Ada sebuah fungsi dari Windows Firewall, yang apabila kamu aktifkan akan dapat melindungi laptop/PC-mu dari serangan Malware dan virus, selama laptop/PC-mu dinyalakan. Fitur ini juga akan melakukan scanning otomatis untuk konten-konten yang berpotensi berbahaya.

Meskipun sebenarnya fitur ini sudah aktif pada setiap Windows, namun alangkah baiknya kamu memeriksa kembali, apakah fitur ini aktif atau tidak. Adapun cara memeriksanya ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama: Buka Control Panel, kemudian cari Windows Defender. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa mencarinya lewat kotak pencarian.

Windows Defender - Real Time Protection

Langkah Kedua: Setelah masuk di Windows Defender, kl!k menu 'Tools' yang berada di bagian atas panel, kemudian tekan tombol 'Option'.

Windows Defender - Real Time Protection

Langkah Ketiga: Pada bagian panel 'Option' tersebut, akan muncul opsi bernama 'Real-Time Protection', kemudian aktifkan opsi tersebut dengan menceklis semua opsi yang tersedia.

Windows Defender - Real Time Protection


Add/Remove Exclusions

Terkadang, ada beberapa file atau folder yang sebenarnya tidak berbahaya, namun ketika discan menggunakan Windows Defender, terdeteksi sebagai sebuah ancaman. Nah, ternyata kamu dapat mengecualikan file atau folder tersebut, dari daftar scan, yang dilakukan oleh Windows defender lewat opsi Add/Remove Exclusions. Dan langkah-langkah untuk melakukan Add/Remove Exclusions ialah sebagai berikut:

Langkah Pertama: Seperti metode sebelumnya, langkah awal yang harus kamu lakukan ialah buka Control Panel, kemudian cari Windows Defender.

Windows Defender - Excluded Files and Folders

Langkah Kedua: Kemudian kl!k menu 'Toolsyang berada di bagian atas panel, kemudian tekan tombol 'Option'.

Windows Defender - Excluded Files and Folders

Langkah Ketiga: Pada bagian panel 'Option' tersebut, akan muncul opsi bernama 'Excluded Files and Folders', setelah itu kl!k opsi 'Excluded Files and Folders', kemudian tekan tombol 'Add'.

Windows Defender - Excluded Files and Folders

Langkah Keempat: Setelah kamu menekan tombol 'Add', akan muncul box untuk memilih file dan folder apa saja yang tidak ingin kamu scan, dan kamu tinggal memilah file dan folder apa saja yang tidak ingin discan.

Windows Defender - Excluded Files and Folders

- Jadwalkan 'Full Sanning'

Hal yang paling penting, namun jarang dilakukan bahkan oleh mereka yang menggunakan Antivirus selain Windows Defender, ialah scanning secara menyeluruh. Jadi, mereka seakan tidak memanfaatkan Antivirus terlebih Windowws Defender dengan baik. Oleh sebab itu, untuk dapat memanfaatkan potensi Windows Defender dengan baik, cobalah menjadwalkan 'Full Scanning' dengan Windows Defender. Berikut ini langkah-langkah 'Full Scanning' secara otomatis.

Langkah Pertama: Buka Control Panel, kemudian cari Windows Defender.

Windows Defender - Full Scan

Langkah Kedua: Kemudian kl!k menu 'Toolsyang berada di bagian atas panel, kemudian tekan tombol 'Option'.

Windows Defender - Full Scan

Langkah Ketiga: Pada panel 'Option', terdapat pilihan 'Automatic Scanning' yang harus kamu kl!k, kemudian centang semua box pada opsi tersebut. Kamu bisa mengatur frekuensi, jam dimulainya 'Scanning', dan tipe 'Scanning' yang kamu inginkan.

Windows Defender - Full Scan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel