Cara Mengidentifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store

Sekarang ini, kebanyakan pengguna Smartphone lebih memilih Andriod, sebab terdapat banyak sekali aplikasi di Google Play Store, yang pengguna melakukan berbagai penyesuaian pada perangkatnya. Namun, tidak sedikit orang yang tahu bahwa di Google Play Store sendiri, kini sudah banyak terdapat aplikasi-aplikasi palsu, yang dibuat dengan tujuan kurang baik.

Ada beberapa aplikasi yang sengaja dikembangkan semirip mungkin dengan aslinya, bahkan namanya pun hampir menyerupai aslinya, namun dengan tujuan untuk mencuri data para pengguna. Sudah barang tentu, aplikasi-aplikasi palsu ini dapat menyebabkan dampak yang berbahaya, bagi para pengguna yang datanya dicuri.

Jadi, amat sangat diperlukan kehati-hatian dalam menginstal sebuah aplikasi, terlebih aplikasi yang belum kamu ketahui sebelumnya. Dan buat kamu yang ingin tahu cara mengidentifikasi, apakah suatu aplikasi itu palsu atau bukan, maka kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai.

Cara Identifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store

Sebab, pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai beberapa cara ampuh, tuk identifikasi aplikasi palsu di Google Play Store. Dengan mengetahui cara mengidentifikasi suatu aplikasi, kemungkinan datamu dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab semakin kecil, serta kamu juga tidak akan khawatir lagi untuk menguduh sebuah aplikasi. Agar tidak berlama-lama lagi, berikut ini ulasannya:

- Dilihat dari Nama Aplikasi

Salah satu hal yang paling umum terlihat dari aplikasi palsu, ialah nama aplikasinya yang cukup mirip dengan yang resmi. Misalnya saja aplikasi 'Android WhatsApp Messenger', ini merupakan contoh nama aplikasi palsu, karena yang asli memiliki nama 'WhatsApp Messenger'. Jadi, lewat nama aplikasinya sendiri, kamu bisa membedakan mana yang asli mana yang palsu.

- Dilihat dari Nama Pengembang

Jarang sekali orang yang memperhatikan nama pengembang suatu aplikasi, padahal ini merupakan hal yang sangat penting. Biasanya, sebuah aplikasi resmi memiliki nama pengembang yang cukup terkenal, namun pada aplikasi palsu kamu akan menemukan nama pengembang yang terdengar asing. Kamu juga bisa melacak nama pengembang suatu aplikasi, lewat mesin pencarian Google, untuk memverifikasi apakah aplikasi tersebut asli atau palsu.

- Ulasan dan Ratings Pengguna

Identifikasi Aplikasi Palsu - Ulasan dan Ratings Pengguna

Seperti halnya kita, beberapa pengguna mungkin telah mencoba menginstal sebuah aplikasi, dan setelah menggunakannya mereka pastinya akan menyadari apakah aplikasi itu asli atau palsi. Bila ternyata palsu, kemungkinan besar mereka akan memberikan penilaian buruk, dan juga membubuhkan ulasan yang menerangkan bahwa aplikasi tersebut palsu. Jadi, kamu hanya perlu memeriksa bagian ulasan dan ratings pengguna, sebelum menginstal sebuah aplikasi.

- Perhatikan Jumlah Penginstalan

Identifikasi Aplikasi Palsu - Perhatikan Jumlah Pengunduh

Pada aplikasi resmi, seperti halnya WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya, kamu akan melihat jumlah penginstalnya sangat banyak, bahkan mencapai jutaan jumlahnya. Beda halnya dengan jumlah penginstal pada aplikasi palsu, yang biasanya hanya sedikit bahkan tidak sampai ratusan ribu.

Screenshots

Kamu juga dapat menganalisa apakah sebuah aplikasi itu palsu atau resmi, yakni melalui tangkapan layar (Screenshot) yang ditampilkannya. Pengembang aplikasi palsu, biasanya tidak akan memunculkan Screenshot dari aplikasi resmi, sebab mereka akan terkendala dengan hak cipta. Jadi, mereka hanya akan menampilkan Screenshot aplikasinya sendiri, sehingga kamu dapat menilai apakah itu asli atau palsu.

- Cari Tahu Lewat Mesin Pencarian Google

Nah ini merupakan cara terbaik, untuk mengetahui apakah sebuah aplikasi aman untuk diinstal, atau malah buruk untuk diinstal di Smartphone-mu. Kamu cukup mengetik 'Apakah (Nama Aplikasi) Aman', dan mesin pencarian Google akan menunjukan hasil yang relevan. Kamu hanya tinggal membuka beberapa situs, dan membaca ulasan tentang aplikasi tersebut.

- Periksa Izin dalam Aplikasi

Identifikasi Aplikasi Palsu - Periksa Izin dalam Aplikasi

Memeriksa izin-izin (Permissions) dalam aplikasi sebelum memasangnya, merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Biasanya kita tidak terlalu memikirkan hal tersebut, padahal hal tersebut menunjukan dengan jelas, aplikasi apa yang akan kita instal tersebut.

Adalah hal yang umum, bila aplikasi semacam WhatsApp, memiliki izin mengakses log panggilan, log SMS, file media, dan lain lain. Namun, menjadi hal yang aneh bila aplikasi kalkulator, memiliki izin yang serupa dengan aplikasi perpesanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel