Cara Nonaktifkan Koreksi Otomatis di Platform iOS dan Android

Mungkin kamu pernah mengalami kejadian, tatkala mengirim pesan WhatsApp kepada seseorang, namun pesan yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kamu ketik. Bukan karena Typo melainkan karena fitur AutoCorrection (Koreksi Otomatis. Pastinya hal tersebut cukup menjengkelkan.

Adanya fitur koreksi otomatis ini memang terasa cukup mengganggu, karena waktu pengiriman pesan menjadi lebih lama, sebab kita harus memeriksa kembali setiap kata yang kita ketik, sebelum akhirnya mengirimkan pesan tersebut. Oleh sebab itulah, biasanya kita ingin sekali menonaktifkan fitur koreksi otomatis ini, bukan begitu?.

Nonaktifkan Koreksi Otomatis di iOS maupun Android

Nah, buat kamu yang ingin menonaktifkan fitur koreksi otomatis, namun belum mengetahui bagaimana caranya, maka kamu harus membaca ulasan ini hingga selesai. Namun sebelum masuk pada pembahasan utama, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bahwa fitur koreksi otomatis ini, bukan berasal dari aplikasi jejaring sosial semisal WhatsApp atau aplikasi lain, melainkan fitur bawaan dari perangkat Smartphone-mu.

Jadi untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis, pengaturan yang harus di-setting ulang, ialah pengaturan dari ponselmu bukan dari aplikasinya. Untuk itu, tanpa membuang waktu lebih banyak lagi, berikut ini ulasan mengenai tutorial menonaktifkan fitur koreksi otomatis. Adapun tutorial yang akan disajikan, ialah untuk platform iOS dan juga platform Android.

Untuk Platform iOS

- Bila kamu pengguna Smartphone dengan sistem operasi iOS, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menonaktifkan koreksi otomatis, ialah masuk ke pengaturan.
- Kemudian pada opsi Pengaturan General, kamu tinggal mengakses Keyboard.
- Pada setelan Keyboard tersebut, terdapat beberapa opsi atau penyesuaian, dan kita tinggal mencari opsi AutoCorrection (Koreksi Otomatis).
- Pada opsi koreksi otomatis, terdapat saklar yang harus kita geser ke posisi Off, untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis.
- Jika sudah, kamu tinggal masuk lagi ke jejaring sosial semisal WhatsApp atau Facebook Messenger, untuk memastikan apakah fitur koreksi otomatis sudah benar-benar nonaktif atau belum.

Untuk Platform Android

- Untuk para pengguna Smartphone Android, sebenarnya langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menonaktifkan fitur koreksi otomatis, tidak jauh berbeda dengan Smartphone iOS. Yakni pertama-tama kamu harus masuk ke pengaturan.
- Kemudian masuk ke opsi Sistem>Input Bahasa dan Teks.
- Di menu Input Bahasa dan Teks, cari dan ketuk menu Keyboard.
- Di menu Keyboard, cari opsi Predictive Text (Teks Prediktif) atau Writing and Spell Checker (Penulisan dan Pemeriksaan Ejaan).
- Opsi ini bervariasi antar satu Smartphone dengan yang lain, tergantung pada versi Android, produsen Smartphone yang kita gunakan, dan hal-hal lain yang berkaitan.
- Dan sama seperti sebelumnya, jika sudah dinonaktifkan kamu tinggal masuk lagi ke jejaring sosial semisal WhatsApp atau Facebook Messenger, untuk memastikan apakah fitur koreksi otomatis sudah benar-benar nonaktif atau belum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel