Emulator Pertama Nintendo Switch Segera Hadir untuk Android



Sistem operasi Smartphone yang dimiliki oleh raksasa teknologi Google yakni Android, telah membuktikan kelayakannya sebagai sebuah platform game yang lengkap. Hal tersebut dapat terlihat lewat app store Android yakni Google Play Store, yang kini banyak dipenuhi dengan aplikasia-aplikasi berupa emulator.

Dimana emulator-emulator yang ada di Google Play Store tersebut, memungkinkan kita memainkan game-game jadul maupun game-game baru, yang berasal dari berbagai konsol game di Smartphone Android. Dan kini, ada sebuah Developer yang sedang mengembangkan emulator, untuk memainkan game dari konsol Nintendo Switch di Android.

Nintendo Switch sendiri dirilis sekitar dua tahun yang lalu, dan pada akhir tahun 2018 telah terjual sekitar 32 juta unit. Pada konsol ini, ada beberapa game yang mendulang kesuksesan, diantaranya ialah game berjudul The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Super Smash Bros, Ultimate, Pokemon: Let's Go, dan lain sebagainya.


Proyek pertama untuk pengadaan emulator Nintendo Switch di Android, baru saja dimulai dan diberi nama proyek 'MonoNX'. Emulator ini sekarang masih dalam tahap pengembangan, dan diharapkan dapat menghadirkan game-game Nintendo Switch di Smartphone Android. Proyek pengembangan ini, telah diumumkan di forum XDA, oleh pengguna Cyubii.

Namun, pada saat pengumuman tersebut emulatornya tidak menunjukan grafis apapun, tapi hanya menampilkan akses utama konsolnya saja. Oleh karenanya, proyek ini dirasakan cukup lambat dalam pengembangannya, bahkan saat ini belum ada game yang bisa dimainkan. Akan tetapi, diharapkan dengan bantuan berbagai pihak, versi pertama emulator ini bisa segera dirampungkan.

Selain itu, yang cukup menjadi sorotan ialah spesifikasi Android, yang dibutuhkan untuk memainkan emulator Nintendo Switch ini. Dari perinciannya, diperkirakan untuk dapat memainkan emulator satu ini, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi berupa RAM 4 GB, dan Prosesor ARM64 atau X86 64-bit atau lebih tinggi.