Ini Dia Versi Terbaru dari Jaringan Nirkabel Wi-Fi



Wi-Fi Alliance, sebagai organisasi yang bertanggung jawab menetapkan standar Wi-Fi, pada Oktober 2018 lalu mengumumkan jaringan Nirkabel Wi-Fi 6. Namun, ini bukanlah teknologi baru yang belum pernah dipakai sebelumnya, melainkan penyederhanaan nama dari Wi-Fi 802.11ax. Wi-Fi 6 ini diperkirakan akan mulai digunakan tahun 2019 ini.

Jaringan Nirkable Wi-Fi

Dilihat dari nama yang disematkan, sepertinya pihak Wi-Fi Alliance ingin menyederhanakan beberapa hal. Alih-alih mempertahankan nama teknis 802.11a/b/g/n/ac/ax, yang tidak semua orang mengerti akan hal itu, organisasi ini justru memutuskan untuk mengadopsi penamaan beruntun yang menunjukan pola generasi.

Bahkan versi-versi sebelumnya juga telah berganti nama, jadi jangan heran bila pada kotak-kotak router yang baru, terdapat nama jenis-jenis Wi-Fi yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya saja, Wi-Fi 802.11n berubah namanya menjadi Wi-Fi 4, Wi-Fi 802.11ac menjadi Wi-Fi 5, dan tentu saja Wi-Fi 802.11ax menjadi Wi-Fi 6.

Jaringan Nirkable Wi-Fi versi Terbaru

Menurut pihak Wi-Fi Alliance sendiri, standar penamaan baru ini bertujuan untuk lebih mempermudah para penggunanya, dalam memahami generasi Wi-Fi yang digunakan perangkat mereka. Organisasi ini juga telah bekerja sama dengan produsen perangkat dan sistem operasi, untuk memasukkan terminologi baru ke dalam antarmuka penggunanya.

Wi-Fi 802.11ax yang kini dikenal dengan sebutan Wi-Fi 6, memiliki kapasitas maksimum teoritis 14 gigabit per detik. Jaringan ini dapat beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, tidak seperti Wi-Fi 5 yang hanya bekerja pada frekuensi 5 GHz.

Wi-Fi 6 juga dapat membagi setiap saluran menjadi ratusan sub-saluran, namun dengan frekuensi yang sedikit berbeda. Di samping itu, jaringan ini juga dapat meningkatkan kecepatan transmisi, serta memungkinkan router untuk terhubung ke lebih banyak perangkat secara bersamaan.

Perangkat Wi-Fi 6 pertama diharapkan dapat disertifikasi pada tahun ini. Namun, untuk dapat menikmati layanan dari jaringan Wi-Fi 6 ini, tidak hanya harus membeli router yang baru, melainkan kamu juga harus menyiapkan Smartphone juga laptop yang kompatibel.