Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Virtual Credit Card



Selain game dan gadget, jual beli secara online juga menjadi suatu perkara, yang sekarang ini sedang populer dan banyak dilakukan. Hampir segala komoditas dapat kita pesan secara online, yang nantinya diantarkan sampai di depan rumah kita. Bahkan, dengan adanya jual beli online ini para pembeli sering kali memperoleh banyak keuntungan, sebab tak jarang toko online memberikan diskon besar untuk para pelanggannya.

Namun, semua kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan dalam jual beli online, tidak terlepas risiko ancaman keamanan. Bahkan, gateaway dari beberapa situs jual beli online yang populer, sering menjadi target utama serangan para penjahat cyber. Para pengguna kartu kredit, sering menjadi korban pembobolan oleh mereka, sebab kartu kredit memiliki credit limits yang besar.

Bila dipikir secara seksama, banyak pembeli dari seluruh penjuru dunia yang memasukan rincian kartu kredit atau kartu debit mereka, seperti halnya Nama, Nomor Kartu, CVV, dan informasi penting lainnya, pada gateaway pembayaran di sebuah online shop. Namun, kebanyakan dari mereka memasukan informassi-informasi tersebut, tanpa berpikir adanya kemungkinan pencurian data atau identitas.

Untuk itulah, dalam upaya meminimalisir bahkan mengatasi hal tersebut dan untuk menjaga data pengguna tetap aman, kini sudah banyak bank yang telah mengembangkan Virtual Credit Card (Kartu Kredit Virtual).

Apa itu Virtual Credit Card?

Hal-hal yang Terkait Virtual Credit Card

Virtual Credit Card bukanlah sebuah kartu yang memiliki fisik dan dapat dipegang. Melainkan 16-digit nomor sementara, yang dibuat secara acak guna melakukan pembelian secara online. Ini dimaksudkan untuk melindungi informasi kartu kredit konvensional milikmu.

Pada Virtual Credit Card kamu perlu mengatur jumlah tagihan minimum dan maksimumnya, sehingga jumlah pembayaran dari pembelian secara online yang kamu lakukan, tidak akan melebihi batas maksimum pengeluaran. Selain itu, kamu juga dapat menentukan tanggal kadaluarsanya. Sehingga, dapat mengurangi risiko pencurian data dan identitas lewat kartu kredit ini. 

Manfaat Menggunakan Virtual Credit Card

- Mereka Tidak Bisa Diperbanyak (Dikloning): Tidak seperti kartu kredit konvensional, Virtual Credit Card ini sangat sulit diperbanyak.

- Cukup Aman: Hal hebat dari Virtual Credit Card, ialah menyediakan 16-digit nomor acak, yang sifatnya hanya sementara. Bukan hanya itu, tapi Virtual Credit Card tidak memiliki afiliasi, dengan nomor kartu kredit konvensional.

- Memiliki Batas Pengeluaran: Yah, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa Virtual Credit Card memungkinkan penggunanya, untuk menentukan batas pengeluaran maksimum. Hal ini dapat sangat membantu, tatkala ada orang yang mencoba menggunakan Virtual Credit Card-mu.

Hal-hal yang Terkait Virtual Credit Card

Kerugian Menggunakan Virtual Credit Card

- Hanya Dapat Digunakan Belanja Online saja: Tidak seperti hanya kartu kredit konvensional, Virtual Credit Card hanya dapat kamu gunakan untuk belanja online saja.

- Wajib Memiliki Akun NetBanking: Kamu harus mendaftar NetBanking terlebih dahulu, untuk memiliki sebuah Virtual Credit Card.

- Terdapat Batasan: Para penggunanya dialokasikan dengan batas minimum dan maksimum transaksi.

Dan itulah beberapa sisi positif serta negatif dari Virtual Credit Card. Ini dirancang untuk meminimalisir terjadinya pencutian data atau identitas. Walaupun tidak sepenuhnya aman tetapi menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi, bila dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Akan tetapi, meski kamu sudah memiliki Virtual Credit Card sendiri, kamu sebaiknya tetap memriksa kartu kredit dan laporan bank-mu secara teratur.