5 Langkah Mudah Instal Android Studio di Laptop/PC

Apakah kamu ingin membuat aplikasi Android-mu sendiri?. Jika iya, maka, sekarang ini kamu berada di tempat yang tepat. Sebab di sini kami akan uraikan beberapa langkah mudah, agar kamu bisa membuat aplikasi Android-mu sendiri. Dan langkah awal untuk melakukan hal tersebut, tiada lain ialah menginstal Android Studio di laptop/PC-mu.

Meskipun sebenarnya, bukan hanya dengan aplikasi Android Studio saja kamu bisa membuat aplikasi Android, namun pastinya kita tahu betul bahwa aplikasi yang resmi, akan lebih mudah digunakan pada sistem operasi apapun. Bila berbicara tentang Android Studio, pada dasarnya aplikasi ini tidak terlalu beda, dengan aplikasi IntelliJ IDEA yang menjad inti dasarnya.

Pada awalnya, untuk menggunakan aplikasi Android Studio, kamu perlu menginstal Java JDK dan Android IDE, pada saat menginstal dan menggunakannya. Namun kini, hampir keseluruhan proses tersebut telah berubah , dan tentu saja menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Aplikasi Pengembangan Android App untuk Laptop/PC

Akan tetapi, meskipun seluruh prosesnya sudah menjadi lebih mudah, tetap saja kamu perlu mengetahui langkah-langkah yang diperlukan, untuk menginstal aplikasi Android Studio ini. Jadi, buat kamu yang ingin mengetahui tentang cara menginstal aplikasi tersebut di laptop/PC, maka kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai. Dan berikut ini, tutorial mudah menginstal aplikasi Android Studio di laptop/PC-mu, berikut ini ulasannya:

- D*wnl*ad Aplikasi Android Studio

Tentu saja langkah pertama yang harus kamu lakukan, ialah men-d*wnl*ad aplikasi Android Studio, yang kini telah tersedia secara resmi untuk berbagai platform, seperti halnya Windows, Mac, bahkan juga Linux. Pada situs resminya kamu akan menemukan tombol D*wnl*ad, untuk menyimpan aplikasi ke laptop/PC-mu.

Ukuran file aplikasinya mencapai kurang lebih 1 GB, jadi alangkah lebih baiknya kamu menggunakan jaringan Wi-Fi. Untuk mend*ownl*ad-nya kamu bisa buka Link berikut. Setelah file aplikasi tersimpan di laptop/PC-mu, kamu tinggal membuka aplikasinya, dan menginstal aplikasi Android Studio.

- Proses Instalasi

Kita tahu bahwa menggunakan aplikasi Android Studio tidaklah mudah, bahkan dapat dikatakan sangat sulit terutama bagi mereka yang baru menggunakannya, namun proses instalasi aplikasi ini tidak sesulit menggunakannya. Hanya saja pada bagian konfigurasi kamu harus lebih teliti. Nah, karena ukurannya yang cukup besar, sudah pasti menyelesaikan seluruh proses instalasi cukup memakan waktu, jadi kamu harus sedikit bersabar.

- Menyetel Konfigurasi Awal

Pada langkah ini, aplikasi akan mengajukan pertanyaan apakah kamu ingin mengimpor konfigurasi versi sebelumnya yang kamu miliki, namun jika kamu tidak memilikinya cukup pilih 'Do not Import Settings'. Pada jendela berikutnya, akan muncul permohonan izin untuk mengirim data statistik dan penggunaan data kepada raksasa teknologi Google.

Setelah itu, akan muncul jendela instalasi, yang menawarkan pilihan instalasi standar atau khusus. Namun menginstal aplikasi Android Studio standar biasanya sudah lebih dari cukup dan lebih menghemat waktu instalasi.

Setelah langkah tersebut, kamu akan diminta memilih tema apa yang akan kamu gunakan dalam editor kode, di mana developer aplikasi ini menawarkan dua tema yang bisa kita pilih. Di antaranya ialah Light Mode yang diberi nama 'Light' dan Dark Mode yang diberi nama 'Dracula'. Jadi, kamu tinggal memilih tema mana yang paling kamu sukai, meskipun kamu bisa mengubahnya nanti. Kamu juga nantinya bisa menyesuaikan warna dan font sesuai dengan kebutuhan.

 - Tambahkan Semua Komponen Penting dan Diperlukan

Jika kamu memilih instalasi standar, maka aplikasi Android Studio akan secara otomatis memilihkan komponen-komponen tambahan, yang kamu perlukan dalam aplikasi ini. Tambahan ini hanya dapat kamu ambil dari internet, dan ukurannya bisa mencapai lebih dari 500 MB, jadi sebaiknya kamu menggunakan Wi-Fi saat melakukannya. Setelah selesai kamu tinggal menekan tombol 'Finish'.

- Proses Instalasi Selesai dan Kamu Tinggal Menggunakan Android Studio

Semua proses instalasi telah selesai kamu lakukan. Karena aplikasi Android Studio telah diinstal di laptop/PC-mu, kamu tinggal membuka aplikasi tersebut, dan buatlah aplikasi paling menarik untuk Android versimu sendiri. Jadi, buat kamu yang ingin menjadi developer aplikasi untuk sistem operasi Android, jangan ragu untuk menginstal dan menggunakan aplikasi Android Studio.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel