Begini Bocoran Konsep Foldable iPhone, iPhone X Fold



Beberapa bulan yang lalu, Samsung meluncurkan Foldable Smartphone miliknya yakni Samsung Galaxy Fold, yang diikuti oleh Huawei dengan meluncurkan Huawei Mate X. Tentu saja, hal tersebut mungkin membuat kita bertanya-tanya, apakah raksasa teknologi Apple juga akan meluncurkan Foldable iPhone?.

Namun, jika menelaah lebih jauh tentang hal tersebut, sebenarnya perusahaan asal Cupertino ini telah mendaftarkan paten, untuk Foldabel iPhone-nya sejak tanggal 12 Oktober 2018 silam. Paten tersebut menjadi sumber spekulasi publik, dalam membayangkan bagaimana wujud Foldable iPhone dari Apple tersebut kelak.

Situs Foldable News pun meminta seorang perancang asal Belanda bernama Roy Gilsing, untuk menggambarkan konsep iPhone X dengan layar lipat. Konsep yang dibuat oleh Gilsing tersebut diberi nama iPhone X Fold, dimana tampilannya sedikit banyak mirip dengan Samsung Galaxy Fold. Bedanya, dalam konsep ini iPhone X Fold memiliki satu layar di bagian luar, dan ketika dibuka menampilkan layar seukuran tablet di dalam.

Konsep Foldable iPhone yakni iPhone X Fold

Perbedaan lainnya, terdapat pada tampilan Smartphone pada saat dilipat, di mana konsep iPhone X Fold terlihat lebih ramping, bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy Fold. Hal tersebut karena mekanisme engselnya yang tidak menonjol layaknya pada Galaxy Fold.

Yang menarik dari desain iPhone X Fold dari Gilsing ini, adalah mode Clamshell-nya yang membuat Smartphone ini dapat dibuka sebagian. Mode ini, pastinya mengingatkan kita kepada desain Nokia Communicator, dengan keyboard di bagian bawah layar yang bisa digunakan untuk mengetik.

Pada bagian layar luarnya, Gilsing menggunakan tampilan yang serupa dengan iPhone X, termasuk menggunakan notch-nya. Sedang untuk layar yang lebih besar di bagian dalam, konsep yang diusung Gilsing ialah layar edge-to-edge, dengan lubang untuk kamera di bagian kiri atas layarnya.

Namun, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa apa yang dibuat oleh Gilsing tersebut, hanyalah sebatas konsep berdasarkan rumor-rumor yang berkembang. Bahkan, konsep yang disodorkan oleh Gilsing tersebut belum tentu dapat direalisasikan oleh pihak Apple, hingga beberapa waktu ke depan. (INET.DETIK.com/Virgina Maulita Putri)