Cara Sederhana tuk Partisi USB FlashDisk di Windows 10

USB merupakan aksesoris Smart Tech, yang biasanya digunakan untuk menyimpan dan menstransfer data, antara satu laptop/PC ke laptop/PC lainnya. Data yang ada di dalam penyimpanan USB, dapat dengan mudah dimodifikasi kapan saja. Dan karena USB FlashDisk bersifat portable, jadi kita dapat dengan mudah membawanya ke mana saja.

Perangkat USB ini dapat berbentuk apa saja, mulai dari Pen Drive, HDD Eksternal, SSD Eksternal, dan banyak lagi lainnya. Kami yakin kamu semua pernah menggunakan USB, dan tahu persis bahwa hanya ada satu partisi, dalam sebuah USB FlashDisk secara default. Yang artinya, tidak ada pembagian kapasitas penyimpanan pada perangkat ini.

Padahal sebenarnya, dengan membagi kapasitas penyimpanan (mempartisi) USB FlashDisk, dapat berguna untuk menyimpan Bootable Windows di satu partisi, dan menyimpan file-file pribadi di partisi yang lainnya. Jadi, buat kamu yang sedang mencari cara mempartisi USB lewat Windows 10, maka kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai.

Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas tuntas, mengenai tutorial sederhana mempartisi USB FlashDisk, lewat platform Windows 10. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi, berikut ini ulasannya:

Cara Mempartisi USB FlashDisk di Windows 10

- Menggunakan AOMEI Partition Assistant Standard Edition

AOMEI Partition Assistant Standard Edition merupakan salah satu software terbaik, untuk membantu dirimu mempartisi sebuah USB FlashDisk. Software ini sudah banyak tersedia di Internet. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengikuti beberapa langkah sederhana, yang akan kami uraikan di bawah ini:

Langkah Pertama: Pertama-tama cari, dapatkan, dan instal aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition, di perangkat laptop/PC Windows 10-mu.

Langkah Kedua: Setelah selesai diinstal, buka aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition tersebut, kemudian klik kanan pada USB FlashDisk dan pilih opsi 'Create Partition'.

Partisi USB Drive Menggunakan - AOMEI

Langkah Ketiga: Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan, ialah mengatur size partisi baru yang kamu buat, sesuai dengan pembagian size yang kamu inginkan. Setelah selesai kamu tinggal menekan 'OK'.

Partisi USB Drive Menggunakan - AOMEI

Langkah Keempat: Setelah proses di atas selesia dilakukan, sekarang kamu akan melihat ada 2 partisi pada USB FlashDisk milikmu. Kamu tinggal menekan tombol 'Apply' untuk menyelesaikan prosesnya.

Partisi USB Drive Menggunakan - AOMEI

Langkah Kelima: Kamu juga bisa mengubah ukuran size partisi USB FlashDisk tersebut, dengan cara masuk ke aplikasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition kembali, kemudian klik kanan pada partisi USB FlashDisk yang ingin di resize, kemudian pilih opsi 'Resize Partition'.

Partisi USB Drive Menggunakan - AOMEI

- Menggunakan Disk Management

Bila kamu tidak ingin bergantung pada aplikasi, maka kamu bisa mengginakan Disk Management Tool dari Windows, untuk mempartisi USB FlashDisk milikmu. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengikuti beberapa langkah sederhana, yang akan kami uraikan di bawah ini:

Langkah Pertama: Pertama-tama buka menu Windows Search, dan ketikan 'diskmgmnt.msc' pada kolom pencarian, Kemudian buka opsi Disk Management yang muncul.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Kedua: Kemudian klik kanan pada USB FlashDisk, setelah itu pilih opsi 'Shrink Volume'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Ketiga: Kamu akn melihat size Saat ini, dan size yang tersedia untuk kamu shrink. Masukan size (dalam MB) yang kamu inginkan untuk di-shrink, kemudian tekan tombol 'Shrink'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Keempat: Setelah itu, kamu akan melihat jendela seperti di bawah ini, dan akan melihat opsi 'Unallocated Space'. Kelik kanan pada opsi tersebut dan pilih 'New Simple Volume'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Kelima: Kamu akan dibawa ke jendela Simple Volume Wizard, tentukan ukuran volume yang kamu inginkan dari partisi yang baru.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Keenam: Pada langkah setelahnya, kamu harus menentukan nama lokasi dari partisi yang baru semisal 'H'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Ketujuh: Pada jendela baru yang muncul, pilih jenis file sistemnya menjadi 'NTFS' di bawah opsi 'Format Partition', kemudian tekan tombol 'Next'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Langkah Kedelapan: Tunggu beberapa aktu hingga kamu melihat jendela seperti di bawah ini, kemudian tekan tombol 'Finish'.

Partisi USB Drive Menggunakan - Disk Management

Dan begitulah cara sederhana menggunakan utilitas Disk Management, untuk mempartisi sebuah USB FlashDisk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel