6 Tips Jitu untuk Percepat Pengisian Daya Baterai Smartphone



Hari ini, Smartphone telah menjadi pusat banyak kegiatan, mulai dari menonton film, berselancar di dunia maya, memotret, bahkan hingga mengerjakan tugas, bisa dilakukan lewat perangkat canggih satu ini. Sayangnya, fungsi-fungsi yang memudahkan kegiatan sehari-hari kita tersebut, masih sering terkendala oleh baterai yang mudah sekali habis.

Jika baterai Smartphone habis pada waktu senggang, tentu proses charging bisa kita lakukan kapan saja. Namun, apabila baterai Smartphone habis diwaktu yang kurang tepat, proses charging ini pastinya mengganggu kegiatan kita. Misalnya saja ketika kamu sedang terburu-buru, karena harus sesegera mungkin bertemu mungkin klien, pastinya kehabisan baterai bisa menjadi kendala.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ternyata ada beberapa metode pengisian daya baterai Smartphone, yang bisa mempercepat proses tersebut. Dan buat kamu yang penasaran, tentang metode apa saja yang bisa kita gunakan, untuk mempercepat proses pengisian daya baterai Smartphone, maka kamu harus membaca pembahasa kali ini hingga selesai.

Tips Jitu Percepat Pengisian Daya Baterai Smartphone

Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas secara tuntas, mengenai Cara Jitu Percepat Pengisian Daya Smartphone. Sehingga kamu bisa menghemat sedikit waktu pengisian baterai, tatkala kamu kehabisan baterai Smartphone, diwaktu-waktu yang cukup genting. Tanpa membuang lebih banyak waktu, berikut ini ulasannya:

Gunakan Adapter Tablet

Pengguna Smartphone baik Android maupun iPhone, bisa men-charge lebih cepat perangkat mereka, ketika menggunakan adapter charger yang memiliki daya lebih besar, misalnya saja charger bawaan perangkat Tablet atau iPad. Charger bawaan Smartphone, biasanya memiliki daya yang lebih kecil, bila dibandingkan dengan charger bawan Tablet. Namun, perlu kamu catat dengan baik, bahwa tidak semua perangkat cocok dengan cara ini.

Gunakan Kabel USB Berkualias

Jangan remehkan kualitas kabel USB yang kamu gunakan. Meski terkesan sepele, namun kualitas kabel USB ternyata cukup berpengaruh, pada kecepatan charging perangkat Smartphone-mu. Jadi sebaiknya kamu gunakan kabel USB original. Atau sebagai alternatifnya, belilah kabel USB yang berkualitas terbaik, buatan brand yang terpercaya.

Matikan Smartphone Saat Pengisian Daya

Meski Smartphone-mu tidak dipakai sama sekali, namun bila dalam keadaan menyala, tetap ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Dan meskipun kecil, kinerja aplikasi tersebut tetap memakan daya, dan membuat proses pengisian daya melambat. Oleh karena itu, cobalah untuk mematikan Smartphone-mu saat sedang di-charge.

Jangan Isi Daya Lewat Port USB Laptop/PC

Output daya dari port USB Laptop/PC, biasanya berkisar antara 0.1A hingga 0.5A. Ini jauh lebih rendah, bila dibandingkan dengan output dari charger Smartphone, yang dapat mencapai 2A atau lebih. Dengan demikian, kecepatan pengisian daya saat menggunakan port USB Laptop/PC, lebih lambat bila dibandingkan dengan menggunakan charger.

Gunakan Power Bank Berkualitas

Gunakanlah Power Bank yang berkualitas, tatkala kamu tidak menemukan colokan, untuk men-charge Smartphone milikmu. Jangan sampai tertipu dengan Power Bank murahan atau palsu, karena dikhawatirkan nantinya bisa membuat Smartphone-mu meledak.

Jangan Sentuh Smartphone-mu

Saat mengisi daya baterai, jangan sekali-kali sentuh Smartphone-mu. Cobalah untuk menahan hasrat untuk mengecek Smartphone-mu, keculai memang ada pesan atau panggilan penting yang masuk. Alasannya cukup sederhana, yakni saat mengecek Smartphone-mu, maka layarnya akan menyala. Padahal layar merupakan salah satu bagian yang paling menguras baterai.