Apa itu Teknologi NFC dan Bagaimana Cara Kerjanya di Android



Dengan kehadiran layanan berupa Android Pay atau Samsung Pay, teknologi NFC dirasa menjadi hal yang umum saat ini. Sekarang ini, sebagian besar perangkat dari rentang Mid-End sampai High-End, diketahui telah menggunakan teknologi NFC.

Hal tersebut dikarenakan, teknologi NFC kini telah menjadi salah satu elemen penting dalam dunia Smartphone. Bahkan, diketahui sebagian pengulas tidak segan-segan mengurangi skor suatu perangkat, apabila mereka tidak menggunakan teknologi satu ini.

Lalu Apa Itu NFC?

Teknologi NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara dua perangkat, dengan hanya mendekatkan keduanya pada jarak yang dekat. Dengan hadirnya teknologi ini pada Smartphone, memungkinka penggunanya melakukan Transfer Data, pembayaran Digital, membuka kunci Smartphone, meihat saldo Emoney, juga mengisi saldo Emoney.

Cara Transfer Data Lewat NFC di Android 

Dengan menggunakan teknologi NFC di Smartphone, kamu dapat men-transfer dan menerima data yang kamu inginkan, baik itu video, foto, dokumen, atau pun musik. Dan berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan, untuk dapat men-transfer data lewat fitur NFC di Android:

Tranfer Data lewat NFC di Android

- Aktifkan fitur NFC dan Android Beam di kedua perangkat yang sudah kompatible
- Di salah satu Smartphone, buka konten yang ingin kamu bagikan, baik itu video, foto, dokumen, atau pun musik.
- Setelah itu, dekatkan bagian belakang kedua perangkat Android.
- Setelah teknologi NFC terhubung satu sama lain, keduanya akan menerima konfirmasi melalui audio atau pun getaran.
- Layar Smartphone penerima akan mengecil, kemudian akan muncul opsi 'Sentuh Untuk Mengirim' (Touch to Send), di bagian atas layar Smartphone-nya.
- Cukup sentuh opsi atau tombol tersebut, untuk memulai proses Transfer Data-nya.
- Setelah tombol tersebut disentuh, pengirim akan menerima konfirmasi berupa suara.
- Dan setelah proses pengiriman berakhir, pengirim juga akan menerima konfirmasi berupa suara lainnya.

Hebatnya lagi, kamu bahkan bisa memutar lagu atau musik di Smartphone ke Speaker maupun Headset, serta video atau persentasi di Smartphone ke SmartTV melalui koneksi NFC. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur NFC, kemudian mendekatkan Smartphone-mu ke perangkat yang kamu butuhkan.

Pembayaran Digital Lewat NFC di Android

Pembarayan Digital lewat Teknologi NFC di Android

Sementara untuk pembayaran Digital, biasanya Smartphone yang sudah dibekali teknologi NFC ini, memiliki beberapa layanan seperti Google Wallet, Samsung Pay, Huawei Pay, dan banyak lagi lainnya. Untuk menggunakan fitu pembayaran dengan koneksi NFC, biasanya pengguna Smartphone akan diminta memasukan kata sandi, melakukan pindai wajah, atau pun melakukan pemindaian sidik jari, untuk menjaga keamanan pembayaran Digital tersebut.

Selain melakukan pembayaran secara Digital, kamu yang sudah memiliki Smartphone berteknologi NFC, juga bisa mengecek saldo Emoney dari beberapa Bank penyedia. Ada pun, Bank penyedia jasa Emoney yang sudah bisa dicek saldonya melalui NFC, di antaranya ialah Mandiri, BCA, BNI, dan BRI.

Dan menariknya lagi, buat kamu yang menggunakan kartu Emoney dari Bank Mandiri, sudah bisa melakukan pengisian saldo Emoney menggunakan teknologi NFC di Smartphone. Sebab, Bank Mandiri sudah memberi izin pada aplikasinya, untuk melakukan kegiatan tersebut.