4 Bahaya yang Mengintai Para Pengguna Layanan VPN Gratis

Untuk dapat mengakses sebuah website yang diblokir pemerintah, banyak orang yang mencari dan menggunakan layanan VPN gratis. Sekarang ini, sudah banyak bertebaran aplikasi VPN gratis di internet, yang mengklaim dapat meningkatkan keamanan privasi saat kamu online. Namun, yang gratis bisa jadi memiliki risiko yang lebih buruk, ketimbang harus membayar sejumlah uang untuk menikmati layanannya.

Kemungkinan Buruk Saat Gunakan Layanan VPN Gratis

Saat ini, pengguna layanan VPN terus mengalami peningkatan. Aplikasi VPN sendiri, berguna untuk membantu pengguna mengakses website yang diblokir, seperti halnya website Torrent atau pun website berkonten dewasa. Selain itu, VPN atau Virtual Private Networks juga merupakan sebuah aplikasi keamanan terbaik, yang dapat digunakan oleh para peselancar dunia maya.

VPN akan mengenkripsi dan membuat lalu lintas online-mu sepenuhnya aninom. Akan tetapi, kebanyakan pengguna layanan VPN selalu mencari VPN gratis, untuk mereka gunakan berselancar di dunia maya. Sekarang ini, sudah banyak bertebaran aplikasi VPN gratis di internet, yang mengklaim dapat meningkatkan keamanan privasi saat kamu online.

Namun, yang gratis bisa jadi memiliki risiko yang lebih buruk, ketimbang harus membayar sejumlah uang, untuk dapat menikmati layanannya. Hal tersebut terungkap lewat sejumlah penelitian yang telah dilakukan.

Bahaya yang Mengintai Para Pengguna Layanan VPN Gratis

Beberapa tahun kebelakang, para peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), telah meneliti sedikitnya 283 aplikasi VPN untuk Android. Para peneliti menemukan bahwa hampir 75% dari VPN yang diteliti tidak dapat dipercaya.

Dari 283 aplikasi VPN untuk Android tersebut, 82% di antaranya mengajukan izin untuk mengakses data pengguna, yang seharusnya tidak diperlukan. Studi ini juga menunjukan bahwa lebih dari 38% aplikasi VPN tersebut, dilengkapi dengan Malware atau Spyware yang cukup berbahaya untuk para pengguna. 

Nah, buat kamu yang bertanya-tanyan tentang apa saja sih kemungkinan buruk, yang bisa terjadi saat kita menggunakan layanan VPN gratis, maka kamu harus membaca pembahasan kali ini sampai habis. Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas hingga tuntas, mengenai Bahaya yang Mengintai Para Penggunaan VPN Gratis. Berikut ini ulasannya:

- Mencuri dan Menjual Data Pribadi

Jika kamu sering menggunakan aplikasi VPN gratis, mungkin kamu menyadari bahwa beberapa aplikasi VPN, memiliki kebijakan ketat untuk dapat mengaksesnya. Namun biasanya, aplikasi VPN gratis tidak memiliki kebijakan yang terlalu ketat.

Artinya, penyedia layanan VPN tersebut bisa saja mengumpulkan data, dari aktivitas yang kamu lakukan bersama layanan mereka. Hal terburuknya, bisa saja setelah mereka mendapatkan data tersebut, mereka kemudian menjualnya kepada pihak lain.

- Mencuri Bandwidth

Beberapa waktu ke belakang, Hola yang berbasis di Israel diketahui mencuri bandwidth dari para penggunanya. Tidak hanya itu saja, tetapi Hola juga diketahui menjual kembali bandwidth yang mereka curi, ke perusahaan yang merupakan saudaranya yakni Luminati. Nah, hal semacam ini memang cukup lumrah di kalangan aplikasi VPN gratis, dan mereka dapat mencuri bandwidth untuk dijual kembali ke organisasi lain.

- Adanya Malware dan Spyware

Aplikasi VPN gratis juga dapat meningkatkan masalah keamanan yang serius. Beberapa aplikasi VPN gratis hadir dengan Malware dan Spyware bawaan, yang dikonfirmasi dapat mencuri informasi sensitif, dari perangkat yang menggunakan layanannya. Tidak hanya itu saja, tapi beberapa aplikasi VPN gratis juga bisa mengenkripsi data, dan meminta tebusan untuk membuka kunci data tersebut.

Browser Hijacking

Memang ini bukanlah hal yang berbahaya, namun hal ini cukup mengganggu, saat kita menggunakan VPN gratis tuk berselancar di dunia maya. Browser Hijacking sendiri artinya lalu lintas internet-mu dikontrol penuh oleh aplikasi VPN yang kamu gunakan.

VPN gratis dapat mengarahkan browser-mu, ke sebuah website tanpa seizinmu. Studi CSIRO menunjukan, bahwa penyedia layanan VPN gratis yang populer seperti Hotspot Shield, sering kali mengalihkan lalu lintas penggunanya ke situs seperti Alibaba dan Ebay, untuk menghasilkan komisi afiliasi.

Memang tidak semua aplikasi VPN gratis berbahaya, beberapa di antara aplikasi VPN gratis ini, sepenuhnya aman untuk digunakan. Mereka juga tidak akan mengakibatkan hal buruk, baik untuk data maupun untuk perangkat kita. Jadi, kita hanya perlu lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi VPN, yang menawarkan layanan secara gratis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel