Cara Mudah Kembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Android



Mengabadikan momen-momen berharga, kini tidak hanya bisa kita lakukan menggunakan perangkat kamera saja, karena Smartphone juga telah banyak yang dibekali, dengan kamera berkualitas dan penyimpanan yang besar. Bahkan tidak hanya berupa foto saja, dengan kamera yang ada pada Smartphone, kita juga bisa mengabadikan momen tertentu dalam bentuk video.

Namun, yang menjadi kekhawatiran tatkala kita menyimpan baik foto maupun video di perangkat Smartphone, ialah terkadang secara tidak disengaja kita menghapus foto dan video berharga tersebut. Tentu saja hal ini hanya akan menyisakan penyesalan dan kekecewaan, sebab kita berpikir bahwa tidak ada opsi untuk mengembalikan, baik foto maupun video yang terhapus lewat Smartphone.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus

Tapi pada kenyataannya, masih ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan, baik foto maupun video yang terhapus dari Android-mu. Nah, buat kamu yang sedang menghadapi masalah serupa, dan ingin mengetahui cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di Android-mu, maka kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai.

Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas hingga tuntas, mengenai Langkah Mudah Kembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Perangkat Android. Metode yang akan di bahas ini, terbilang cukup mudah untuk kamu ikuti, dalam upaya mengembalikan foto dan video yang terhapus. Jadi, tanpa membuang lebih banyak waktu, berikut ini ulasanya:

- Metode Pertama: Menggunakan MobiSaver

MobiServer dari EaseUS adalah salah satu aplikasi pemulihan data terbaik untuk Android, yang bisa kamu cari dan instal lewat Google Play Store. Hal hebat tentang aplikasi ini, ialah dapat memulihkan hampir semua jenis file yang terhapus dari Smartphone Android, seperti halnya Gambar, Foto, Video, SMS, Obrolan WhatsApp, dan banyak lainnya. Untuk dapat mengembalikan Foto maupun Video yang terhapus di Android lewat aplikasi ini, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Pertama: Hal pertama yang perlu kamu lakukan, ialah masuk ke Google Play Store kemudian cari dan instal aplikasi MobiSaver.

Langkah Kedua: Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi yang sudah terpasang di Android-mu tersebut, kemudian setelah masuk di interface-nya ketuk tombol 'Start Scan'.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - MobiSaver

Langkah Ketiga: Aplikasi ini akan men-scan semua Foto dan Video, yang pernah kamu hapus lewat perangkat Android-mu. Setelah proses scanning selesai, kamu bisa memilih file mana saja yang akan kamu pulihkan.
Catatan: Kamu bisa menggunakan filter untuk proses scanning. Misalnya, kamu bisa mencari file tertentu sesuai dengan ukuran, format file, tanggal, dan lain sebagainya.
Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - MobiSaver

Langkah Keempat: Setelah kamu selesai memilah file Foto maupun Video mana saja yang akan kamu pulihkan, kamu tinggal mengetuk tombol 'Recover' untuk memulai proses pemulihan.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - MobiSaver

- Metode Kedua: Menggunakan Dumpster

Pada dasarnya Dumpster adalah sebuah aplikasi Recycle Bin, yang dikembangkan untuk Smartphone Android. Setelah menginstal aplikasi ini, secara otomatis ia akan mencadangkan dan menyimpan semua data yang kamu hapus. Fitur ini memungkinkan pengguna, untuk dengan mudah mengembalikan Gambar, Foto, maupun Video, yang terhapus secara tidak sengaja. Dan untuk menggunakan aplikasi ini, berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

Langkah Pertama: Seperti sebelumnya, langkah awal yang harus kamu lakukan ialah masuk ke Google Play Store, kemudian cari dan instal aplikasi Dumpster.

Langkah Kedua: Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan berikan semua perijinan, yang muncul dan ditunjukan oleh aplikasi tersebut. Setelahnya, kamu akan melihat interface utama aplikasi Dumpster.

Langkah Ketiga: Dalam Pengaturan Awal (Initial Setup), kamu harus mengaktifkan semua hal yang ingin kamu simpan. Di halaman ini, kamu sebaiknya mengaktifkan semua jenis file.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Dumpster

Langkah Keempat: Di halaman berikutnya, kamu akan melihat ikhtisar file, yang telah disimpan oleh Dumpster. Cukup, coba hapus semua file di Android-mu, dan kamu akan melihatnya di bagian ikhtisar ini.
Catatan: Dumpster juga menyediakan banyak opsi penyortiran, untuk menemukan file yang terhapus. Misalnya, kamu bisa mengurutkan file berdasarkan jenisnya, serta kamu juga bisa mengurutkan file berdasarkan waktu.
Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Dumpster

- Metode Ketiga: Menggunakan Wondershare Dr.Fone

Ini merupakan sebuah software untuk Laptop/PC, yang dapat berfungsi untuk memulihkan file Foto maupun Video, yang terhapus di Smartphone Android-mu. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengikuti beberapa langkah berikut:

Langkah Pertama: Hal pertama yang harus kamu lakukan, ialah memnginstal aplikasi Wondershare Dr.Fone di Laptop/PC-mu. Kemudian sambungkan perangkat Android-mu ke perangkat Laptop/PC menggunakan kabel USB.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Wondershare Dr.Fone

Langkah Kedua: Setelah itu, aplikasi ini akan memintamu untuk mengaktifkan Debugging USB di Smartphone Android-mu, dan kamu hanya perlu mengaktifkannya saja.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Wondershare Dr.Fone

Langkah Ketiga: Setelahnya, kamu akan melihat Smartphone-mu tersambung ke aplikasi pemulih file Android ini. Kamu perlu memilih file tipe apa yang ingin kamu pulihkan. Pilih 'Galeri' jika ingin memulihkan Foto dan Video, kemudian tekan tombol 'Next'.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Wondershare Dr.Fone

Langkah Keempat: Aplikasi ini akan melakukan scanning penuh, dan kamu harus menunggu hingga semua hasil scanning ditampilkan. Kamu akan bisa melihat semua jenis Foto dan Video yang pernah dihapus. Pilih file yang ingin kamu pulihkan kemudian tekan tombol 'Recover'.

Cara Kembalikan Foto dan Video Terhapus - Wondershare Dr.Fone

Bagaimana, sangat mudah bukan?. Dengan mengikuti metode-metode yang telah kami paparkan di atas, kamu tidak perlu takut lagi kehilangan Foto dan Video di perangkat Android-mu lagi, karena kamu dapat dengan mudah memulihkan atau mengembalikannya.