Cara Mudah Perbaiki VPN yang Tak Berfungsi di Komputer

Memang jarang sekali pengguna layanan VPN yang mengalami masalah koneksi, namun bukan berarti kemungkinan tersebut tidak mungkin terjadi, karena bisa saja sewaktu-waktu kamu mengalaminya. Dan ketika itu terjadi, kamu sebagai pengguna layanan VPN, harus memperbaiki masalah tersebut. Nah, di sini kita akan ulas beberapa metode, tuk atasi masalah terkait VPN tidak berfungsi.

Cara Mudah Perbaiki VPN yang Tak Berfungsi

Kini banyak peselancar dunia maya yang menggunakan layanan VPNVPN sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Network, dapat kamu gunakan berbarengan dengan ISP atau Internet Service Provider. Dan kebanyakan orang menggunakan aplikasi VPN, untuk mendapatkan akses ke website yang diblokir.

Cara Mudah Perbaiki VPN yang Tak Berfungsi

Selain untuk membuka website yang diblokir, salah satu alasan lainnya mengapa pengguna VPN meningkat, ialah karena meningkatkan keamanan privasi saat online. Oleh karenanya, kini aplikasi VPN telah tersedia untuk hampir semua platform, seperti halnya Android, iOS, Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya.

Namun terkadang, layanan VPN juga bisa mengalami masalah koneksi, yang sudah pasti harus diperbaiki masalahnya, bila kamu ingin terus memanfaatkan layanannya. Memang, masalah koneksi saat menggunakan layanan VPN sangat jarang terjadi, namun bukan berarti masalah tersebut tidak akan muncul.

Nah, buat kamu yang mengalami masalah koneksi saat menggunakan VPN, dan ingin mengetahui cara memperbaiki masalah tersebut, maka kamu harus membaca pembahasan kali ini hingga selesai. Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami bahas sampai tuntas, mengenai Beberapa Metode tuk Perbaiki Masalah VPN tak Berfungsi. Berikut ini ulasannya:

- Pastikan Internet Berfungsi dengan Baik

Jika koneksi internet yang kamu miliki bermasalah, maka kamu tidak bisa menyalahkan aplikasi VPN yang kamu gunakan, tatkala aplikasi VPN tidak dapat terkoneksi dengan baik. Maka ini merupakan hal pertama yang harus kamu periksa. Jika ternyata internet-mu berfungsi dengan baik, maka kamu harus melanjutkan ke metode selanjutnya.

- Periksa Pengaturan VPN

Sebagai besar layanan VPN yang tersedia seperti halnya NordVPN, ExpressVPN, dan lain sebagainya, tidak memerlukan konfigurasi manual. Yang perlu kamu lakukan ialah memilih server dan menekan tombol 'Connect'. Namun, jika layanan VPN yang kamu gunakan memerlukan konfigurasi manual, maka kamu perlu memeriksa pengaturan layanan VPN-nya.

Kamu juga bisa membaca panduan cepat, yang disediakan oleh pengembang aplikasi VPN yang kamu gunakan, untuk melakukan konfigurasi pada bagian pengaturan. Jadi, dalam metode ini kamu perlu memeriksa ulang bilah pengaturan dalam aplikasi VPN, untuk memastikan semuanya telah kamu setting dengan benar.

Coba Gunakan Server Lain

Jika kamu tak dapat terhubung ke internet saat menggunakan VPN, maka kamu perlu mencoba mengubah server. Jika kamu menggunakan layanan VPN Premium (berbayar), maka kamu mungkin memiliki pilihan server yang lebih banyak. Jadi, dalam metode satu ini kamu harus mencoba mengubah server, untuk memperbaiki VPN yang tak berfungsi. Saat kamu memilih server, lebih baik kamu memilih server yang terdekat, guna memperoleh kecepatan yang lebih baik.

- Restart Router dan Komputer

Jika kamu masih tidak dapat terhubung ke internet saat menggunakan VPN, maka kamu dapat mencoba me-restart Router dan komputermu. Seperti kita ketahui, me-restart dapat menyelesaikan berbagai masalah, termasuk juga masalah yang terkait koneksi.

Jadi, pastikan kamu untuk me-restart Router dan komputer, sebelum kamu mencoba metode selanjutnya. Setelah selesai, sambungkan ke internet dan periksa apakah VPN berfungsi atau tidak, jika tidak maka kamu harus mengikuti metode selanjutnya.

Matikan Antivirus dan Firewall

Firewall sering kali menjadi penyebab masalah koneksi dan VPN, termasuk juga masalah VPN tidak berfungsi. Jadi, dalam metode satu ini hal yang perlu kamu lakukan, ialah menonaktifkan Firewall bawaan Windows untuk menyelesaikan masalah.

Untuk melakukannya, kamu tinggal buka Control Panel dan masuk ke Firewall Settings kemudian nonaktifkan layanan ini. Jika kamu menggunakan aplikasi Anti-Virus, maka pastikan kamu menonaktifkan juga, opsi 'Internet Security' pada Anti-Virus tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel