Cara Mudah Pulihkan History Browser yang Sudah Dihapus

Kini dengan adanya internet, segala sesuatu yang ingin kamu ketahui, bisa dengan mudah kamu cari di internet. Mulai dari ilmu pengetahuan, tips and tricks, tutorial, berita olahraga, hiburan, cerita lucu, ataupun video lucu, bisa dengan mudah kamu cari dan temukan di sana.

Tidak hanya konten yang bermuatan positif, bahkan konten yang bermuatan negatif sekali pun, bisa kamu temukan dengan mudah di internet. Sebut saja seperti halnya konten-konten yang berbau dewasa. Berbicara tentang konten negatif, tentu saja ketika membuka web atau blog yang menyajikan konten semacam itu, kita tidak ingin ada orang yang menyadarinya. 

Salah satu caranya, ialah dengan menghapus Browsing History (Riwayat Penelusuran), secara rutin dari waktu ke waktu. Sehingga orang yang menggunakan perangkat kita, tidak akan pernah tahu apa yang pernah kita cari, lewat browser yang kita gunakan.

Cara Mudah Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus

Namun yang menjadi masalah, terkadang kita lupa nama sebuah web atau blog yang pernah kita kunjungi, dan memuat informasi yang memang kita butuhkan. Sehingga, kita harus mengecek bagian Riwayat Penelusuran, untuk dapat mengakses kembali informasi tersebut. Dan tentu saja Riwayat Penelusuran yang sudah dihapus bisa menghambat proses tersebut.

Tapi ternyata, kita bisa mengembalikan atau memulihkan kembali, Riwayat Penelusuran yang pernah kita hapus sebelumnya. Dan buat kamu yang ingin tahu, bagaimana cara mengembalikan Riwayat Penelusuran yang pernah kamu hapus, maka kamu harus membaca pembahasan kali ini hingga selesai.

Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini akan kami ulas secara tuntas, mengenai Cara Mudah Pulihkan Browsing History yang Sudah Dihapus. Dengan metode yang akan kita bahas di sini, kamu bisa memulihkan Riwayat Penelusuran, yang telah kamu atau orang lain hapus di browser. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, berikut ini panduan lengkapnya:

- Metode Pertama: Gunakan Systenance Index.dat

Langkah Pertama: Pertama-tama kamu harus menginstal tools Systenance Index.dat, di perangkat Laptop/PC yang kamu miliki.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Systenance Index.dat

Langkah Kedua: Setelah proses instalasi selesai, buka software tersebut di Laptop/PC-mu, dan akan muncul jendela seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Systenance Index.dat

Langkah Ketiga: Kemudian tekan tombol 'Search' yang ada di pojok bawah, dan tools akan memulai proses searching semua History Files, dengan mencarinya lewat file Index.bat di perangkat Laptop/PC-mu.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Systenance Index.dat

Langkah Keempat: Ketika proses searching telah selesai kamu tinggal mengetuk tombol 'OK', dan setelah itu kamu bisa menganalisis seluruh History-mu lewat tools ini.
Catatan: Kamu bisa memfilter file yang kamu pilih, sehingga kamu bisa menganalisis setiap halaman web, yang kamu pernah telusuri dengan lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan History tersebut, dengan mengetuk menu 'File' di Menu Bar, lalu memilih opsi 'Save' yang ada di sana.
Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Systenance Index.dat

- Metode Kedua: Gunakan Google’s My Activity

Halaman Google's My Activity memiliki banyak kegunaan yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa menggunakan halaman ini, untuk melacak berbagai aktivitas, yang pernah kamu lakukan di halaman Google Search. Saperti halnya menunjukan video yang sebelumnya kamu tonton, Keyword yang sebelumnya kamu cari, perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses akun Google, dan masih banyak lainnya.

Untuk melihat Riwayat Penelusuran menggunakan halaman Google's My Activity, berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu ikuti:

Langkah Pertama: Pertama-tama buka Google Chrome dan masuk ke akun Google yang sering kamu gunakan.

Langkah Kedua: Langkah selanjutnya, kamu harus masuk ke halaman Google My Activity.

Langkah Ketiga: Pada halaman tersebut, kamu akan menemukan sebuah tutorial singkat menggunakan Google My Activity, skip saja tutorial tersebut. Setelah itu, kamu akan melihat jendela seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Google My Activity

Langkah Keempat: Pada jendela tersebut kamu tinggal mengetuk tombol 'Search'

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Google My Activity

Langkah Kelima: Tunggu hingga halaman Google My Activity menunjukan semua Kueri yang pernah kamu cari.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - Google My Activity

- Metode Ketiga: Gunakan System Restore

Jika kamu menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Windows, seperti halnya Windows 8 atau Windows 10, maka kamu bisa menggunakan opsi System Restore, untuk mendapatkan kembali Riwayat Penelusuran di browser yang sudah dihapus. Fitur ini biasanya mengembalikan sistem operasi Windows yang kamu gunakan, ke awal penggunaan atau ke titik pemulihan sebelumnya.

Pulihkan Riwayat Penelusuran yang Sudah Terhapus - System Restore

Jadi, fitur satu dapat sangat berguna untuk mengembalikan Riwayat Penelusuran, yang pernah kamu hapus di browser-mu. Namun, System Restore juga dapat menyebabkan semua aplikasi yang telah kamu instal terhapus, atau bahkan dapat juga menghapus semua file yang tersimpan di Drive C (Drive tempat instalasi Windows). Untuk itu, pastikan kamu telah melakukan pencadangan terlebih dahulu, sebelum menggunakan metode satu ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel