Cara Mudah Singkirkan Keylogger Tersembunyi dari Smartphone Android

Tidak diragukan lagi, bahwasannya kehadiran Smartphone Android saat ini, dapat sangat membantu mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi, di samping dapat mempermudah aktivitas sehari-hari, terkadang Smartphone Android juga menyebabkan beberapa masalah serius.

Sekarang ini Smartphone Android menjadi salah satu perangkat andalan, untuk menyimpan berbagai data penting, sehingga bisa menjadi target utama para peretas. Dan sama halnya dengan Komputer Desktop, sistem operasi Android juga cukup rentan, terhadap berbagai risiko keamanan seperti halnya upaya peretasan, Keylogger, Spyware, dan lain sebagainya.

Dari semua ancaman keamanan tersebut, Keylogger masih menjadi salah satu ancaman paling terkenal dan paling ditakuti, oleh para pengguna baik Komputer maupun Smartphone. Meski Keylogger perlahan mulai kurang efektif, sebab semua orang kini sudah lebih waspada akan ancamannya, namun tetap ketika Keylogger menjangkit ia dapat menyebabkan berbagai masalah serius.

Lalu, Apa itu Keylogger?

Cara Mudah Singkirkan Keylogger dari Perangkat Android

Sama seperti halnya dengan Keylogger pada perangkat Desktop, Keylogger yang dapat menjangkiti Android juga tidak lebih dari sebuah aplikasi Spyware sederhana, yang bisa saja terinstal secara tidak sengaja. Cara kerja aplikasi ini ialah merekam segala sesuatu yang kamu ketikan lewat Keyboard Virtual.

Jadi, semua yang kamu ketik lewat perangkat Android, baik itu berupa Pesan Teks (SMS), E-Mail, Chatting, Username/Password, dan lain sebagainya, akan direkam oleh aplikasi Keylogger ini. Dan secara sederhananya, para pembuat Keylogger ini dapat memantau bahkan meretas, berbagai akun media sosial yang kamu miliki.

Nah, oleh sebab Keylogger merupakan salah satu ancaman serius bagi para pengguna Android, sudah barang tentu kita mesti memahami cara menghapus, Keylogger tersembunyi yang mungkin menjangkit Smartphone-mu. Dan buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya, maka kamu harus membaca ulasan kali ini hingga selesai.

Hal tersebut dikarenakan, pada artikel kali ini kami akan membahas tuntas mengenai, Cara Mudah Menghapus Keylogger Tersembunyi, yang mungkin mengancam perangkat Smartphone Android milikmu. Langsung saja, berikut ini ulasannya:

- Mencari Sumbernya

Langkah pertama yang harus kamu pahami, ialah bagaimana Keylogger dapat menjangkiti perangkat Smartphone Android-mu. Dan salah satunya, ialah dengan mengidentifikasi apakah aplikasi yang kamu instal (terutama aplikasi dari sumber yang kurang jelas), disusupi oleh Malware beserta Keylogger atau tidak. Untuk mengidentifikasi dan menghapus Keylogger dengan cara ini bisa sangat mudah, terlebih bila kamu sudah menentukan aplikasi mana yang kamu curigai.

- Memeriksa Aktivitas yang Tak Biasa

Selain itu, kamu juga harus memeriksa berbagai aktivitas tak biasa dan mencurigakan, yang terjadi pada Smartphone Android-mu. Seperti halnya keberadaan skrip yang menyebabkan perangkat sering melakukan Reboot, atau pun seringnya muncul angka berapapun pada layar Smartphone. Jika hal tersebut terjadi, maka itu dapat menjadi tanda awal yang menunjukan, bahwa perangkat Android-mu terjangkit Keylogger.

- Gunakan Anti-Malware

Untuk menghapus Keylogger dari perangkat kita caranya cukup sederhana. Pertama-tama coba gunakan aplikasi Anti-Virus apapun, kemudian pindai dan hapus semua Malware dari Smartphone Android-mu. Kedua, cari aplikasi yang kamu curigai terjangkit Keylogger, seperti halnya aplikasi yang terlalu banyak memakan ruang, melebihi kapasitas yang seharusnya. Bila sudah ditemukan, maka kamu harus meng-uninstal aplikasi tersebut, kemudian restart perangkat Android-mu.

- Periksa File Manager dan Folder Unduhan

Lihat berbagai Folder di dalam File Manager, dan cari file tersembunyi yang mungkin merupakan Keylogger, kemudian hapus file tersebut. Memang ini mungkin memakan waktu, tetapi perangkatmu akan lebih aman saat digunakan. Selain itu, periksa bagian aplikasi yang diinstal di perangkat Android-mu, jika menemukan aplikasi yang mencurigakan segeralah menghapusnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel