Langkah Mudah Membuat Aplikasi Android di Android



Mungkin kamu akan berpikir, bahwa aplikasi yang merajalela sekarang ini, menghasilkan nilai uang yang sangat menggiurkan. Pikiran seperti itu sangat dibenarkan sekali, satu aplikasi yang kamu unduh akan bernilai komersial, dikalikan dengan semua orang di Indonesia.

Akan tetapi, proses pembuatan sebuah aplikasi tidak semudah yang ada di pikiran kita, sebelum proses pembuatan dimulai. Kamu akan merasakan banyak kerumitan bahasa pemrograman, yang tidak kamu ketahui dan juga banyak pihak yang berperan, untuk menyempurnakan aplikasi tersebut.

Kita ambil contoh aplikasi Whatsapp, yang begitu terkenal karena setiap orang yang memiliki Smartphone di genggamannya, akan mengunduh aplikasi chat keren satu ini. Bayangkan jika dalam satu detik saja, ada 100 orang yang memakai dan memakai Whatsapp, berapakah keuntungan atau laba yang diperoleh pemilik aplikasi ini? Kamu tidak perlu repot berhitung yang jelas besar dan banyak sekali!

Langkah Mudah Membuat Aplikasi Android di Android

Nah, adapun proses untuk Membuat Aplikasi Android di Android, membutuhkan beberapa tahapan yakni:

- Merancang Konsep

Konsep yang muncul meliputi tujuan aplikasi, isi aplikasi, cara pemasaran, kegunaan aplikasi dan sebagainya. Ketika konsep sudah matang, maka dengan mudah programer akan meretas sebuah gambaran yang riil. 

- Mencoba Riset Atau Penelitian

Riset Membuat Aplikasi Android di Android harus lebih mengena, artinya bagaimana pendapat orang jika kamu membuat aplikasi ini, kompetitor yang juga sama mirip membuat, dan survey dengan sejumlah orang tentang aplikasi yang akan kamu buat.  

- Buat Story Board

Story Board artinya gambaran kasar dari desain aplikasimu yang akan dibuat, di sini akan dinilai tentang bagaimana fungsi dan penggunaannya. Dalam tahapan ini, kamu harus menunjukkan kualitas calon aplikasi agar orang puas dengan hasilnya. Namun, jika dalam tahapan ini desainnya terlalu rumit, maka nilainya akan cenderung turun. 

- Uji Coba

Langkah selanjutnya adalah menguji coba aplikasi yang dibuat dengan orang terdekat, jika banyak pertanyaan yang muncul itu artinya aplikasi yang dibuat memang bisa dikabulkan. Wajah kepuasan akan terlihat, dan kamu bisa meminta teman untuk memberi nilai 

- Rancang Desain Tampilan

Saat aplikasi kasar telah siap, maka saatnya kamu membuat desain untuk tampilan luarnya, demi mempercantik setiap bagian dari aplikasi rancanganmu. Terkadang, tampilan aplikasi yang cenderung biasa saja, akan mengurangi daya tarik orang untuk mengunduh. Kamu harus peka dengan kebutuhan pasaran, jika aplikasi untuk kaum muda maka berikan banyak warna dan pilihan tampilan.

- Cek Ulang Aplikasi

Meskipun beberapa teman sangat puas dengan aplikasi yang kamu buat, namun kamu perlu lakukan uji ulangan agar bisa menyaring opini masyarakat, tentang aplikasi yang kamu buat. Opini setuju dan penolakan tentunya pasti ada, namun jika opini setuju lebih banyak artinya kamu sudah sukses membuat aplikasi. 

- Launching Aplikasi

Launching Membuat Aplikasi Android di Android adalah hasil paling akhir yang pastinya memuaskan. Entah seberapa banyak nantinya aplikasi tersebut diunduh, namun jika satu sampel berkata bagus, ke depannya juga akan lebih menguntungkan.

Asyik bukan jika kamu tahu Tips dan Trik Android?