Langkah Cepat dan Ringan Membuat Aplikasi di Android



Dalam proses pembuatan sebuah aplikasi, memang mungkin kamu akan merasa cukup kebingungan, terlebih bila kamu masih seorang awam yang belum tahu sama sekali tentang dunia IT. Namun, dengan kemauan yang keras dan modal niat, semua bisa lanjut dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Langkah Cepat dan Ringan Membuat Aplikasi di Android

Pertama kali saat Buat Aplikasi di Android, adalah kamu harus punya media untuk membuatnya, yakni berupa PC atau laptop. Dari PC ini akan diisi berbagai program pendukung, yang bisa kamu gunakan untuk membuatan aplikasi yang diinginkan. Untuk Buat Aplikasi di Android hal yang harus Kamu Siapkan Adalah Sebagai Berikut:

- Masukkan ke Program JDK

Langkah Cepat dan Ringan Membuat Aplikasi di Android

JDK singkatan dari Java Development Kit, yang digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman , dari sebuah calon aplikasi. Bahasa program java ini kemudian diubah ke bahasa bytecode, yang sesuai dengan hasil matangnya. Ketika proses di program ini selesai maka lanjut ke Android Studio.

- Masukkan Program Android Studio

Langkah Cepat dan Ringan Membuat Aplikasi di Android

Program Android Studio merancang dari gabungan berbagai fitur yang akan dimasukkan, bahasa programnya kita sebut dengan IDE (Integrated Development Environment). Aplikasi Android yang ada di dalamnya juga nanti bisa disisipkan di aplikasi baru yang akan kamu buat.

- Interface Dan Struktur Project

Cara untuk membuat interface dan struktur project sebuah aplikasi, adalah dengan masuk ke 'Start a new Android Studio project'. Dalam bagian ini, akan dirancang tentang bagaimana tampilan aplikasi yang akan dibuat, apakah full screen ataukah ada bagian tertentu yang perlu ditambahkan.

- Linear Lay Out

Saat kamu melihat tampilan awal tentunya akan ada tampilan halaman berikutnya bukan, nah di sini ada dua pilihan tampilan lay out naik atau lay out turun. Dalam bagian ini, kamu harus menyesuaikan dengan kemudahan orang untuk melihat, kebanyakan tampilan yang sering dipakai adalah naik-turun.

- Relative Lay Out

Merupakan tampilan berkelompok yang nantinya akan diisi dengan berbagai kebutuhan konten, konten atau isi ini dikemas dengan simbol yang berbeda-beda untuk mencirikan sebuah khas. Ketika semua konsep sudah tersusun dengan rapi dan mulai masuk pada proses pengerjaan, kendala yang biasanya muncul adalah ketidakselarasan antara fitur dengan isi.

Misalnya saja, kamu membuka aplikasi go-jek dan mengirim layar peta kepada driver, ternyata jangkauan satelit yang dikirim masih belum tepat, nah disinilah terkadang banyak komplain terjadi. Bukan karena aplikasi ini belum matang tetapi karena ada faktor kendala sinyal satelit yang error

Ada banyak orang yang berperan dalam pembuatan satu aplikasi, yang bisa kamu nikmati dengan mudah. Jadi, jika kamu berpikir membuat aplikasi sangat mudah, mungkin karena kamu berada di bagian user bukan maker. Minimal untuk kamu bisa membuat sebuah aplikasi simpel, maka kamu harus menguasai bahasa pemrograman secara umum dahulu, barulah mencetak aplikasi baru dalam Tips dan Trik Android.